Bisa Ditiru, Rumah Serba Terbuka di Pantai Timur Vietnam

Kompas.com - 29/10/2018, 22:00 WIB
Rumah berkonsep terbuka di dekat pantai timur, Vietnam.Archdaily Rumah berkonsep terbuka di dekat pantai timur, Vietnam.

KOMPAS.com – Keberadaan suatu rumah bisa jadi merupakan jawaban untuk menyiasati masalah geografis dan cuaca setempat yang disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup penghuninya.

Kali ini ada rumah yang berada di satu kota kecil yang sebagian besar penduduknya bermata pencarian sebagai nelayan.

Lokasinya terletak di pantai timur Provinsi Binh This, Vietnam, lebih kurang 100 meter dari garis pantai.

Semilir angin dari laut membuat kondisi rumah terasa segar sekaligus lembab. Namun, tingginya temperatur udara di lokasi tersebut membuat ruangan di rumah itu didesain bergaya tembok arsiran yang menjadi ventilasi untuk menghadirkan kenyamanan.

Rumah berkonsep terbuka di dekat pantai timur, Vietnam.

Archdaily Rumah berkonsep terbuka di dekat pantai timur, Vietnam.
Desain rumah yang luasnya 140 meter persegi ini memungkinkan penghuninya melakukan perawatan yang lebih mudah dan hemat biaya di daerah yang beriklim tropis.

Maka dari itu, rumah itu dirancang dengan menciptakan ruang berventilasi silang dan ruang terbuka di antara satu ruangan dengan ruangan lainnya.

Penghuni rumah itu adalah keluarga yang enerjik dan banyak aktivitas.

Mereka suka menjalani hidup yang bersentuhan langsung dengan alam dan menikmati keberadaan ruang terbuka di mana mereka bisa bersama.

Rumah berkonsep terbuka di dekat pantai timur, Vietnam.Archdaily Rumah berkonsep terbuka di dekat pantai timur, Vietnam.

Adanya area terbuka dan tempat berkumpul dengan teman dan keluarga juga merupakan syarat yang diajukan pemilik rumah kepada arsitek yang merancang rumah ini.

Dua arsitek bernama Kuniko Onishi dan Victor Llavata pun mencoba mewujudkannya untuk menghasilkan ruangan yang nyaman sebagai prioritas tanpa menggunakan perangkat elektronik atau teknologi yang membutuhkan perawatan.

Dengan menggabungkan angin, elemen ruangan, dan tanaman hijau, pemilik rumah bisa merasakan ruangan besar yang beradaptasi sempurna dengan kondisi cuaca tropis.

Rumah berkonsep terbuka di dekat pantai timur, Vietnam.
Archdaily Rumah berkonsep terbuka di dekat pantai timur, Vietnam.
Ruang untuk aktivitas bersama berada di bagian depan dan ruang paling pribadi di bagian belakang. Posisi antar-ruangan itu dipisah dengan dibuat area hijau.

Dengan demikian, penghuni rumah bersama tamu yang datang bisa merasakan taman di depan yang membuat fasad depan terasa lebih dingin.

Selain itu, kita juga bisa menemukan area bersama di rumah, dapur, dan ruang tamu. Ruang ini terbuka ke taman depan dan ke halaman belakang.

Setelah taman belakang, kita bisa menemukan kamar tidur dan kamar mandi.

Setiap ruangan di rumah itu berada di antara kebun dan area hijau dengan memaksimalkan ventilasi dan membawa hijau suasana rumah menjadi pengalaman hidup sehari-hari di sana.




Close Ads X