Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madison Square Garden, Arena Bergengsi yang Bermula dari Tenda Sirkus

Kompas.com - 23/10/2018, 14:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Madison Square Garden atau lebih dikenal dengan nama MG merupakan salah satu arena pertunjukan paling sibuk dan bergengsi di dunia.

Gedung ini pernah menjadi tempat pertunjukan bagi selebritas dunia hingga menjadi arena kampanye para politisi.

Gedung yang ada sekarang dibangun di bekas stasiun Pennsylvania tepatnya di Eight Avenue dan 33rd Street, yang dilengkapi dengan 22.000 tempat duduk untuk berbagai macam pertunjukan seperti sirkus, pertandingan olah raga, konser, dll.

Sebelum menjadi salah satu tempat pertunjukan paling terkenal seperti saat ini, Madison Square Garden awalnya merupakan tempat pertunjukan sirkus arahan Phineas T. Barnum.

Cikal bakal Madison Square Garden pertama kali tercipta ketika Cornelius Vanderbilt memindahkan stasiunnya ke Grand Central Terminal.

Tenda sirkus PT Barnum sebelum menjadi Madison Square GardenWikimedia Tenda sirkus PT Barnum sebelum menjadi Madison Square Garden
P T Barnum langsung melihat hal ini sebagai kesempatan emas. Dia lalu membangun tenda pertunjukan yang dilengkapi dengan kursi kayu di bekas lahan tersebut.

Layaknya tenda sirkus seperti yang ada sekarang, kursi-kursi ini disusun mengelilingi ruang tengah ruangan yang berbentuk oval dengan diameter 83 meter.

Bangunan ini kemudian disebut sebagai Great Roman Hippodrome dan Barnum's Monster Classical and Geological Hippodrome, yang dibuka pada 27 April 1874.

Namun sayang, keramaian yang ditunjukkan hanya bertahan selama beberapa waktu, terutama saat digunakan untuk acara saja.

Meski begitu, tenda sirkus ini mewariskan satu acara yang masih berlangsung hingga kini, yakni Westminster Kennel Club Show.

Empat kali pembangunan

Setelah tenda pertunjukan ala P.T. Barnum ini sukses, William Vanderbilt kemudian mengambil alih properti milik keluarganya tersebut untuk diubah menjadi gedung pertunjukan. Gedung ini dinamai Madison Square Garden, yang dibuka kembali pada 1879.

Gedung ini menjadi salah satu tempat penyelenggaraan berbagai acara, termasuk politik. Dengan cepat, Madison Square Garden menjadi salah satu tempat penyelenggaraan acara seperti pertandingan tinju, balap sepeda, dan arena kampanye para politikus di New York.

Pada 1889, gedung ini dijual ke Andrew Carnegie dan banker J.P Morgan. Mereka lalu menghancurkan gedung lama untuk kemudian dibangun kembali, karena gedung lama merupakan ruang terbuka sehingga dirasa tidak nyaman bagi penonton saat musim panas atau musim dingin.

Ilustrasi Madison Square Garden rancangan Stanford WhiteWikimedia Ilustrasi Madison Square Garden rancangan Stanford White
Gedung baru Madison Square Garden didesain oleh arsitek Stanford White.

Bangunan baru ini dirancang dengan gaya Beaux Arts, serta sepenuhnya tertutup tanpa menyisakan ruang terbuka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com