Madison Square Garden, Arena Bergengsi yang Bermula dari Tenda Sirkus

Kompas.com - 23/10/2018, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Madison Square Garden atau lebih dikenal dengan nama MG merupakan salah satu arena pertunjukan paling sibuk dan bergengsi di dunia.

Gedung ini pernah menjadi tempat pertunjukan bagi selebritas dunia hingga menjadi arena kampanye para politisi.

Gedung yang ada sekarang dibangun di bekas stasiun Pennsylvania tepatnya di Eight Avenue dan 33rd Street, yang dilengkapi dengan 22.000 tempat duduk untuk berbagai macam pertunjukan seperti sirkus, pertandingan olah raga, konser, dll.

Sebelum menjadi salah satu tempat pertunjukan paling terkenal seperti saat ini, Madison Square Garden awalnya merupakan tempat pertunjukan sirkus arahan Phineas T. Barnum.

Cikal bakal Madison Square Garden pertama kali tercipta ketika Cornelius Vanderbilt memindahkan stasiunnya ke Grand Central Terminal.

Tenda sirkus PT Barnum sebelum menjadi Madison Square GardenWikimedia Tenda sirkus PT Barnum sebelum menjadi Madison Square Garden
P T Barnum langsung melihat hal ini sebagai kesempatan emas. Dia lalu membangun tenda pertunjukan yang dilengkapi dengan kursi kayu di bekas lahan tersebut.

Layaknya tenda sirkus seperti yang ada sekarang, kursi-kursi ini disusun mengelilingi ruang tengah ruangan yang berbentuk oval dengan diameter 83 meter.

Bangunan ini kemudian disebut sebagai Great Roman Hippodrome dan Barnum's Monster Classical and Geological Hippodrome, yang dibuka pada 27 April 1874.

Namun sayang, keramaian yang ditunjukkan hanya bertahan selama beberapa waktu, terutama saat digunakan untuk acara saja.

Meski begitu, tenda sirkus ini mewariskan satu acara yang masih berlangsung hingga kini, yakni Westminster Kennel Club Show.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.