Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2018, 21:45 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Afrika berlomba menunjukkan kemampuannya dalam menciptakan berbagai gedung pencakar langit.

Seakan tak mau kalah dari Asia, benua hitam ini mulai mulai membangun gedung yang mampu meninggalkan kesan sebagai tanah dari negara-negara miskin.

Salah satunya adalah Bank of Africa Tower. Gedung yang akan dibangun di Maroko ini akan menjulang setinggi 250 meter.

Bangunan yang dirancang oleh arsitek Rafael de la Hoz dan Hakim Benjelloun ini, diklaim akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di Afrika.

Baca juga: Gedung Tertinggi Afrika Karya Zaha Hadid Bakal Hadir di Mesir

Ketinggian bangunan ini membuat Bank of Africa Tower menjadi salah satu bangunan yang dilabeli sebagai gedung pencakar langit sangat tinggi.

Nantinya, gedung ini akan dibangun dengan total 55 lantai, dan akan difungsikan sebagai hotel mewah, wilayah perkantoran, dan juga apartemen.

Bahkan pada lantai tertinggi bangunan akan dibangun sebuah teras pandang. Teras ini akan menyajikan pemandangan sekeliling gedung.

Proses konstruksi bakal calon gedung tertinggi di Afrika ini akan dimulai pada 1 November 2018, dan direncanakan rampung pada 30 Mei 2022.

"The Bank of Africa Tower akan menjadi ikon bagi negara ini. Saya bangga karena BESIX ikut ambil bagian dalam konstruksi di Maroko, negara yang telah menjadi tempat menyenangkan untuk bekerja selama beberapa tahun ini" ujar CEO BESIX Group, Rik Vandenberghe.

Baca juga: Kontraktor China Memulai Pembangunan Gedung Tertinggi di Afrika

Menara Bank Afrika akan menjadi titik tertinggi dalam Proyek Pengembangan Lembah Bouregreg.

Selain itu, bangunan ini juga menjadi bagian dari program "Rabat Ville Lumière, Capitale Marocaine de la Culture" atau Rabat, Kota Cahaya, Ibukota Kebudayaan Maroko.

Hal ini merupakan inisiatif dari beberapa lembaga di Kota Rabat seperti, Grand Théâtre de Rabat, Maison des Arts et de la Culture atau Rumah Seni dan Budaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com