Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2019, Hutama Karya Garap Tol Palembang-Bengkulu

Kompas.com - 17/10/2018, 12:13 WIB
Aji YK Putra,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Jalan tol sepanjang 330 kilometer yang menghubungkan Kota Palembang dengan Kabupaten Curup, Provinsi Bengkulu akan digarap oleh PT Hutama Karya pada Januari 2019 mendatang.

Manager Proyek Divisi Tol PT Hutama Karya Hasan Turcahyo menjelaskan, tol tersebut mencakup empat ruas yakni Palembang-Indralaya (Palindra) sepanjang 22 kilometer yang sudah beroperasi, Indralaya-Muara Enim 88 kilometer, Muara Enim-Lubuk Linggau 125 kilometer, dan Lubuk Linggau-Bengkulu serentang 95 kilometer.

Pengerjaan tol pada akan diprioritaskan di ruas utama yakni Indralaya-Muara Enim dan Lubuk Linggau-Bengkulu.

Baca juga: Seluruh Ruas Tol Palindra Ditargetkan Rampung Sebelum Asian Games 2018

"Sementara Muara Enim-Lubuk Linggau baru akan dilaksanakan pada 2023," kata Hasan, Selasa (16/10/2018).

Menurut Hasan, investasi untuk ruas ini Rp 100 miliar per kilometer. Saat ini mereka masih melakukan studi kelayakan, analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), desain awal, dan dokumen perencanaan pengadaan tanah. 

"Pembangunan tol ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang diprioritaskan pada 2019-2023. Nantinya jika tol ini telah terhubung akan memangkas jarak tempuh antara Palembang dan Bengkulu,” terang Hasan.

Dia menjelaskan, saat ini panjang jalan nasional Indralaya-Muara Enim yakni 143 kilometer, Muara Enim-Lubuk Linggau 193 kilometer, dan Lubuk Linggau-Bengkulu 141 kilometer. 

"Total 477 kilometer lebih panjang jalan nasional Palembang-Bengkulu.  Dengan adanya tol, waktu tempuh untuk 147 kilometer akan terpangkas,” tuntas Hasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com