Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cicilan Rusunami DP 0 Rupiah, Rp 2 jutaan Per Bulan

Kompas.com - 12/10/2018, 17:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga berpenghasilan rendah yang tinggal di Provinsi DKI Jakarta kini bisa membeli hunian terjangkau. Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota.

Hunian terjangkau bertajuk Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) Klapa Village di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, ini secara resmi diluncurkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jum'at (12/10/2018).

Proyek tersebut merupakan bagian dari Program DP 0 Rupiah yang digagas Pemprov DKI.

Baca juga: Rusunami DP 0 Rupiah Bisa Dipesan Mulai 1 November

Untuk tahap pertama, pengembang proyek PD Sarana Jaya menyediakan 780 unit dengan pilihan tipw 21 meter persegi dan 36 meter persegi.

Untuk tipe 21 sebanyak 420 unit, harga yang dibanderol Rp 184,8 juta hingga Rp 213,4 juta. Sementara tipe 36 sejumlah 360 unit, dibanderol mulai dari Rp 304,9 juta hingga Rp 310 juta.

Plt Kepala Dinas Perumahan DKI Meli Budiastuti mengatakan, warga yang berminat dengan hunian ini dapat mencicil hingga 20 tahun melalui fasilitas KPA Bank DKI.

Meski demikian Pemprov DKI menyediakan dua skema cicilan yaitu Rp 2.008.337 per bulan untuk jangka waktu 20 tahun dengan estimasi penghasilan Rp 5,73 juta.

Skema kedua yaitu cicilan Rp 2.426.665 per bulan dengan jangka waktu 15 tahun. Sementara penghasilan minimal yang harus dimiliki Rp 6,93 juta.

"Masyarakat yang berminat tinggal membawa KTP untuk isi formulir. Nanti kita input dari situ karena kita sudah kerja sama dengan Dukcapil," kata Meli.

Adapun pendaftaran baru dimulai pada 1 November 2018. Warga yang berminat dapat datang langsung ke Kantor Dinas Perumahan DKI atau kantor wali kota di wilayah masing-masing.

Selain itu, warga juga dapat mendaftar secara daring melalui laman dp0rupiah.jakarta.go.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com