Progres Risha di Solo Sudah 60 Persen

Kompas.com - 11/10/2018, 21:00 WIB
Teknologi ini digunakan untuk merekonstruksi rumah rusak akibat gempa di Lombok. Kompas.com / ROSIANA HARYANTITeknologi ini digunakan untuk merekonstruksi rumah rusak akibat gempa di Lombok.

SOLO, KOMPAS.com - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengembangkan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat ( Risha).

Teknologi ini digunakan untuk merekonstruksi rumah rusak akibat gempa di berbagai daerah. Teknologi tersebut juga diaplikasikan pada kompleks hunian di Kota Surakarta.

Hunian sub komunal ini menerapkan konsep Risha dengan sistem modular.

Baca juga: Tangani Rumah Rusak akibat Gempa Palu, Pemerintah Bangun Risha

Hunian sub komunal ini menerapkan konsep RISHA yang dibangun menggunakan sistem modular. 
Kompas.com/ROSIANA HARYANTI Hunian sub komunal ini menerapkan konsep RISHA yang dibangun menggunakan sistem modular.
Sistem ini memudahkan pemasangan dibandingkan konstruksi rumah konvensional.

Setiap komponen sendiri memiliki sifat fleksibel dan efisien dalam konsumsi bahan bangunan.

Hunian yang berada di kompleks rumah susun Semanggi ini menjadi salah satu proyek dari Kementerian PUPR, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta.

Risha dibangun untuk menyediakan hunian bagi warga yang terkena penataan bantaran Sungai Bengawan Solo.

Kepala Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan, Pusat Litbang Perumahan dan Lingkungan, Kementerian PUPR, Kuswara, mengatakan, proses konstruksi hunian sub komunal ini sudah mencapai 60 persen.

"Untuk sub komunalnya rangka struktur sudah selesai, sekarang proses finishing atap lantai dan dinding," ujar Kuswara menjawab Kompas.com, Kamis (11/10/2018).

Pembangunan diperkirakan selesai pada akhir November tahun ini. Kuswara menambahkan, total hunian yang dibangun sebanyak 56 unit. Satu unit rumah diperuntukkan bagi satu Kepala Keluarga (KK).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X