Amankah Mencuci Pakaian Bersama Lap Piring Kotor? - Kompas.com

Amankah Mencuci Pakaian Bersama Lap Piring Kotor?

Kompas.com - 11/10/2018, 09:00 WIB
Mesin cuci.Thinkstock Mesin cuci.

KOMPAS.com - Terkadang, kita cukup malas ketika harus memisahkan jenis pakaian atau kain tertentu ketika mencuci dengan mesin cuci.

Alhasil, dengan alasan menghemat waktu dan tenaga, tak jarang dari kita mencuci bersama pakaian kotor yang sehari-hari digunakan, dengan lap piring atau lap meja.

Pertanyaannya, amankah bila hal itu dilakukan?

Menurut pakar kebersihan Dr Lisa Ackerley, kecenderungan masyarakat yaitu mencuci pakaian dengan menggunakan air dingin dengan tingkat putaran rendah. Tujuannya yaitu untuk menghindari kain rusak.

"Konsumen percaya bahwa cara mencuci yang normal dapat menghasilkan pakain bersih. Tetapi ini tidak selalu diterjemahkan sebagai higienis," ucap Ackerley.

Menurut dia, ketika mencuci kain kotor yang digabungkan dengan pakaian sehari-hari, akan memicu penyebaran kuman penyebab secara mudah.

Meskipun, Anda telah mengikuti pedoman mencuci sesuai dengan instruksi yang tertera pada mesin cuci.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Majalah Woman's Day menyarankan, agar menyortir mana pakaian yang cukup bersih dan mana bahan/kain yang benar-benar kotor.

Misalnya, kain untuk mengelap piring dan meja, jangan dicuci bersamaan dengan pakaian kita.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan perpindahan kuman yang ada pada kain kotor tersebut ke pakaian kita.

"Kebanyak orang mencuci semua cucian mereka dalam air dingin atau hangat, yang hanya menghilangkan dan membunuh sekitar 80 persen bakteri," kata profesor mikrobiologi dari University of Arizona, Dr Charles Gerba.

 



Close Ads X