Ciputra Residence Gelar HSE Awards 2018 bagi 42 Kontraktor - Kompas.com

Ciputra Residence Gelar HSE Awards 2018 bagi 42 Kontraktor

Kompas.com - 10/10/2018, 14:15 WIB
Pemenang HSE Awards 2018.Hilda B Alexander/Kompas.com Pemenang HSE Awards 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Ciputra Residence menggelar Health, Safety & Environment (HSE) Awards 2018. Tahun ini merupakan penghargaan kali keempat dan diberikan kepada 42 kontraktor serta sub-kontraktor.

Direktur PT Ciputra Residence Lalitya Sastrawinata menuturkan, tema HSE Awards 2018 adalah integrity in the Implementation of a sustainable HSE Culture, diikuti oleh seluruh proyek milik perusahaan baik rumah tapak, ataupun bangunan tinggi.

"Ada banyak perbaikan dan inovasi terutama dalam sistem dan kriteria penilaian serta kategori penghargaan dikarenakan bertambahnya jumlah peserta," ujar Lalitya, Rabu (10/10/2018).

Periode penilaian HSE Awards 2018 dilaksanakan sejak November 2017 hingga Agustus 2018. Kriteria penilaian didasarkan pada HSE Scoring, NCR CAR, Incident Report, dan Pengamatan.

Penilaian dan penentuan pemenang dari mitra kontraktor terbagi menjadi dua bagian, yakni 9 kategori pemenang untuk kontraktor yang menjalankan Penerapan HSE dengan cukup baik dan satu kategori khusus yakni pemberiana apresiasi kepada seluruh kontraktor yang sudah menerapkan HSE di lingkungan kerja PT Ciputra Residence. 

Ditambahkan Senior Director PT Ciputra Residence Mary Octo Sihombing, HSE Awards 2018 merupakan tahap pendewasaan dalam menerapkan budaya Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L).

"Hasilnya, sepanjang 2017 dan 2018, PT Ciputra Residence mampu menekan angka kecelakaan kerja secara maksimal menuju zero accident and zero loss time injury," ungkap Mary Octo.

Hal ini seiring jumlah kecelakaan kerja yang menurut data BPJS Ketenagakerjaan terus menurun.

Tahun 2015 terjadi kecelakaan kerja sebanyak 110.285 kasus, sedangkan tahun 2016 sejumlah 105.182 kasus, sehingga mengalami penurunan sebanyak 4,6 persen.

Sedangkan sampai Agustus tahun 2017 terdapat sebanyak 80.392 kasus.

Lalitya mengatakan, semua kontraktor dan sub-kontraktor yang mengerjakan proyek-proyek Ciputra Residence diwajibkan memahami dan menerapkan HSE.

"Dengan begitu, kita bersama-sama mampu melindungi pekerja kita dari kecelakaan kerja yang merupakan aset perusahaan,” ucap Lalitya.

Penerapan manajemen HSE di lingkungan PT Ciputra Residence berdampak positif terhadap prosedur kerja perusahaan, sehingga terjamin kualitas hasil kerjanya.

“Hal ini juga sebagai pemicu bagi para mitra kontraktor lainnya untuk saling berlomba menjadi yang terbaik dalam memahami dan menjalankan program ini dengan bersunggguh-sungguh dan bertanggung jawab," pungkas Lalitya.

 



Close Ads X