Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa di Palu Sudah Diprediksi Terjadi

Kompas.com - 08/10/2018, 19:41 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa bumi yang terjadi di Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, serta daerah di sekitar Sulawesi Barat sudah diprediksi sebelumnya oleh para ahli.

Namun, yang sulit diperkirakan adalah waktu terjadinya bencana tersebut.
Indikasi itu bisa dilihat dalam Buku Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017.

"Secara teknis sebenarnya berjalan cukup baik. Peta sumber dan bahaya gempa di Indonesia sudah dirilis tahun 2017. Itu bukan hal baru, Palu tinggal tunggu waktu," ujar Kepala Laboratorium Geoteknik Universitas Indonesia Widjojo Adi Prakoso dalam seminar bertema "Bencana Palu", Senin (8/10/2018) di Jakarta.

Baca juga: Pemerintah Prioritaskan Kualitas Huntap di Lokasi Rawan Gempa

Selain di Palu, kata dia, daerah lain yang terindikasi rawan gempa yaitu di sepanjang Pegunungan Bukit Barisan, mulai dari Provinsi Lampung sampai Aceh.

Selain itu, dari Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dikeluarkan Badan Standardisasi Nasional tentang bangunan tahan gempa juga secara teknis sudah disebutkan.

"Secara teknis sudah mencakup banyak hal, kami berusaha melakukan yang terbaik," ucap Widjojo.

Di samping itu, dari sisi perundangan, misalnya Undang-Undang Jasa Konstruksi (UUJK), masalah tentang gempa juga sudah dibahas.

Bahkan, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No 66/KPTS/M/2018 tentang Komite Keselamatan Konstruksi yang dikeluarkan tanggal 24 Januari 2018 pun sudah menjelaskan secara detail soal bahaya likuefaksi.

Peringatan soal bahaya gempa juga sudah diturunkan lebih jauh ke level peraturan daerah (perda). Meski demikian, yang dia ketahui baru untuk perda di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Saya belum pernah lihat secara spesifik seperti ini di daerah lain," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com