Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pertemuan Tahunan IMF-WB, Jasa Marga Tingkatkan Layanan Tol

Kompas.com - 08/10/2018, 16:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAs.com - PT Jasamarga Bali Tol (JBT), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., mendukung perhelatan International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) Annual Meetings 2018.

Dukungan diberikan berupa peningkatan layanan Jalan Tol Bali Mandara yang ditujukan untuk memperlancar transportasi 32.000 tamu undangan dan delegasi dari 189 negara selama acara berlangsung pada 8-14 Oktober.

Jalan Tol Bali Mandara sepanjang 12,7 kilometer, menjadi salah satu jalan yang dilintasi oleh para peserta. Jalan ini menghubungkan kawasan Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua.

Direktur Utama PT JBT Enkky Sasono menuturkan, telah menyiapkan berbagai upaya untuk meningkatkan layanan selama pertemuan tahunan IMF-WB tersebut.

Dari aspek layanan transaksi, misalnya, PT JBT menyiapkan satgas dan lajur khusus utuk memperlancar transaksi di gerbang tol (GT).

Kemudian merawat rutin peralatan tol di seluruh GT; membersihkan dan merapikan sarana layanan transaksi; serta menyediakan mobile reader sebagai sarana untuk mempercepat transaksi di GT.

PT JBT juga menyiapkan sarana layanan lalu lintas 24 jam. Sarana tersebut terdiri dari kendaraan patroli lajur baik mobil maupun motor, dan satu unit ambulans lengkap dengan petugas paramedis.

"Selanjutnya satu unit kendaraan dan peralatan rescue, dua unit derek, satu unit derek khusus lajur motor, serta dua unit mobil Polisi Jalan Raya (PJR) dan satu unit PJR motor,” papar Enkky dalam keterangan tertulis, Senin (8/10/2018).

Ia menambahkan, PT JBT juga menyiapkan 56 unit CCTV dan radio komunikasi (HT dan radio trunking) bagi petugas maupun kendaraan operasional.

“Kami bekerja sama dengan Tim IT Polda Bali sehingga gambar CCTV yang terpasang di akses dan Jalan Tol Bali Mandara bisa juga dipantau melalui Command Room Polda Bali,” tambah Enkky.

Perawatan rutin kondisi jalan tol juga dilakukan dengan menggandeng PT LAPI ITB untuk melakukan inspeksi dan analisa terhadap struktur Jalan Tol Bali Mandara, khususnya setelah terjadinya gempa 7,0 SR yang berpusat di Lombok beberapa waktu lalu.

PT JBT siap meningkatkan layanan di jalan Tol Bali Mandara selama pertemuan tahunan IMF-WB.Dokumentasi PT JBT PT JBT siap meningkatkan layanan di jalan Tol Bali Mandara selama pertemuan tahunan IMF-WB.
Dari hasil inspeksi dan analisa Tim LAPI ITB, Jalan Tol Bali Mandara dinyatakan berada dalam kondisi aman dan normal.

Masih terkait pertemuan tahunan IMF-WB, PT JBT juga meningkatkan kerjasama dengan perbankan penyedia uang elektronik bagi seluruh pengguna Jalan Tol Bali Mandara.

Keberadaan pelayanan gardu isi ulang (drive thru) di akses Jalan Tol Benoa juga diharapkan memudahkan pengguna jalan tol saat bertransaksi di GT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com