Kompas.com - 05/10/2018, 17:45 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menerbitkan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) sejak tahun 2017.

Program ini memberikan pelayanan pembuatan sertifikat tanah bagi masyarakat tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Program ini disubsidi oleh negara, biayanya ditanggung oleh pemerintah sehingga gratis untuk masyarakat," ujar Kepala Bagian Humas Kementerian ATR/BPN Harison Mocodompit kepada Kompas.com, Jumat (5/10/2018).

Hingga saat ini, di Indonesia seharusnya ada sekitar 126 juta bidang tanah yang terdaftar di Kementerian ATR/BPN.

Namun, dari jumlah itu, hingga tahun 2016, baru ada sekitar 46 juta bidang yang sudah terdaftar. Sementara 80 juta bidang tanah lainnya belum disertifikasi.

Harison mengungkapkan, program ini dimulai sejak tahun lalu. Sepanjang 2017, Kementerian ATR/BPN sudah menerbitkan sertifikat untuk 5 juta bidang tanah.

"Tahun 2017 target PTSL sudah kami penuhi," tutur Harison.

Baca juga: Pemerintah Bagikan 7.000 Sertifikat Tanah di Bogor

Untuk mengatasi hal ini, Presiden Joko Widodo memberikan target khusus. Tahun lalu, Presiden memberikan target 5 juta bidang tanah telah tersertifikasi.

Sementara untuk tahun 2018, target penerbitan sertifikat tanah ditingkatkan menjadi 7 juta bidang. Sedangkan tahun 2019, meningkat menjadi 9 juta bidang tanah.

Untuk tahun 2020 sampai 2025, target yang diberikan setiap tahunnya sebesar 10 juta bidang tanah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.