Selama Asian Games, Apartemen Sewa di Jakarta Ikut Panen - Kompas.com

Selama Asian Games, Apartemen Sewa di Jakarta Ikut Panen

Kompas.com - 04/10/2018, 17:55 WIB
Ilustrasi apartemen studioFresh Home Ilustrasi apartemen studio

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang kuartal III-2018, tingkat hunian apartemen sewa di Jakarta, baik untuk servis maupun non-servis, mengalami peningkatan.

Peningkatan ini didorong oleh penyelenggaraan Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Bahkan, apartemen sewa yang berada di kawasan pusat bisnis (central business district/ CBD) mengalami peningkatan hunian hingga 20 persen pada periode Juli-Agustus 2018.

"Selain itu, beberapa apartemen servis juga mengalami peningkatan permintaan dari turis asal Timur Tengah yang menghabiskan masa liburan mereka selama perayaan Idul Adha," kata Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

"Secara keseluruhan, tingkat okupansi rata-rata untuk apartemen sewa sepanjang kuartal III-2018 mengalami sedikit peningkatan dari 70,7 persen menjadi 73,4 persen," imbuh dia.

Baca juga: Asian Games Dongkrak Okupansi Hotel Jakarta

Kendati demikian, pasar apartemen sewa masih membutuhkan waktu untuk memulihkan diri setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait pembatasan jumlah tenaga kerja asing.

Di samping itu, pertumbuhan ekonomi yang lambat turut menghambat pertumbuhan industri jasa dan manufaktur yang selama ini dikenal sebagai salah satu penyumbang utama pada pasar apartemen sewa.

Ferry menambahkan, tarif sewa rata-rata sepanjang kuartal III cenderung datar. Kalaupun terjadi sedikit kenaikan, hal itu kurang memberikan dampak signifikan lantaran pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Saat ini, rata-rata tarif sewa apartemen berada di kisaran Rp 367.947 per meter persegi per bulan untuk yang berada di kawasan CBD.

Sementara itu, tarif di luar kawasan tersebut, seperti di Jakarta Selatan dan di luar daerah utama, berada di kisaran Rp 226.319 per meter persegi per bulan.



Close Ads X