Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Baca: Penanganan Gempa di Palu dan Fadli Zon Kritik Proyek Tol

Kompas.com - 01/10/2018, 10:30 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar tentang penanganan kerusakan dan korban akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, mendominasi pemberitaan di kanal Properti Kompas.com sepanjang Minggu (30/9/2018).

Selain itu, ada pula berita mengenai kritik Wakil Ketua DPR Fadli Zon bahwa pekerjaan proyek Tol Padang-Pekanbaru yang baru dimulai pekerjaannya disebut mangkrak.

Berikut ini daftar selengkapnya mengenai artikel yang wajib diketahui:

1. Pemerintah jamin tiga jalur lintas di Sulawesi Tengah bisa dilewati 

Pemerintah memastikan jalur lintas timur, utara, dan selatan di Sulawesi Tengah pascagempa bumi yang mengguncang wilayah tersebut pada Jumat (28/9/2018) dapat dilewati.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto menjelaskan, untuk jalur lintas timur yang dapat dilalui yaitu mulai dari arah Palu hingga Poso. Sementara untuk jalur lintas utara mulai dari Palu, Kebon Kopi, Pantoloan, hingga Parigi.

"Jalur lintas selatan mulai dari Mamuju, Pasangkayu, Donggala, Toli, hingga Palu. Itu seluruhnya sudah tembus dan terbuka, dan sudah bisa diakses oleh kendaraan roda empat," kata Sugiyartanto di Palu, Minggu (30/9/2018).

Berita selengkapnya: Pemerintah Pastikan Tiga Jalur Lintas di Sulawesi Tengah Bisa Dilewati

2. Kementerian PUPR datangkan alat berat dan tim reaksi cepat ke Palu 

Seorang anak melintas di depan rumah yang roboh akibat gempa di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).dok BNPB Seorang anak melintas di depan rumah yang roboh akibat gempa di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerjunkan sejumlah alat berat guna membantu evakuasi puing dan reruntuhan bangunan yang timbul akibat gempa yang mengguncang wilayah Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018).

Selain itu, Kementerian PUPR juga menerjunkan tim reaksi cepat lintas direktorat guna membantu mempercepat proses pemulihan selama masa tanggap darurat berlangsung.

"Tim reaksi cepat dari Kementerian PUPR sudah datang," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto di Palu, Minggu (30/9/2018).

Berita selengkapnya: Kementerian PUPR Terjunkan Alat Berat dan Tim Reaksi Cepat ke Palu

3. Fadli Zon sebut proyek Tol Padang-Pekanbaru mangkrak 

 Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/9/2018).KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/9/2018).

Proyek Tol Padang-Pekanbaru yang baru dimulai pekerjaannya tak luput dari kritik Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com