Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fadli Zon Anggap Proyek Tol Padang-Pekanbaru Mangkrak

Kompas.com - 30/09/2018, 12:06 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Tol Padang-Pekanbaru yang baru dimulai pekerjaannya tak luput dari kritik Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Lewat akun Twitter pribadinya, @fadlizon, politisi Gerindra itu menyebut bila pekerjaan proyek tersebut mangkrak.

"Meninjau pmbgn tol "mangkrak" Padang-Pekanbaru 244 km. Stlh 10 bln baru 200-300m sj. Pdhal groundbreaking olh Presiden," demikian tulis Fadli, Sabtu (29/9/2018).

Sejak cuitan itu dibagikan, sudah 1.200 orang mere-tweet dan 693 orang memberikan komentar.

Sekedar informasi, proyek Tol Padang-Pekanbaru yang groundbreakingnya dilaksanakan pada 9 Februari 2018, dirancang sepanjang 244 km dan terbagi ke dalam lima seksi.

Seksi 1 Padang–Sicincin sepanjang 28 Km, Seksi 2 Sicincin–Payakumbuh dengan panjang 78 Km, Seksi 3 Payakumbuh–Pangkalan panjang 45 Km, Seksi 4 Pangkalan–Bangkinang sepanjang 56 Km dan Seksi 5 Bangkinang–Pekanbaru memiliki panjang 37 Km.

Untuk menyelesaikan proyek ini, dibutuhkan anggaran yang cukup besar yaitu Rp 80,4 triliun. Rinciannya, untuk konstruksi ruas Padang-Sicincin Rp 4,753 triliun dan Rp 75,657 triliun untuk ruas Sicincin-Pekanbaru.

Kendati groundbreaking telah dilaksanakan, namun pembangunan proyek ini baru saja dimulai. Pasalnya, Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) baru saja ditandatangani oleh PT Hutama Karya (Persero), yang sebelumnya ditunjuk pemerintah untuk menggarap proyek Trans Sumatera.

Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo menargetkan, pekerjaan konstruksi jalan tol sepanjang 254,8 kilometer ini dapat selesai pada 2025. Namun, dengan satu catatan.

“Dengan asumsi pembebasan lahan dapat selesai seluruhnya paling lambat pada Desember 2021,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (19/7/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com