Kompas.com - 29/09/2018, 19:33 WIB

KOMPAS.com - Keindahan masjid di Indonesia memang tak bisa dipandang sebelah mata. Negara ini memilik banyak masjid dengan desain estetis serta memperlihatkan kekayaan bangsa.

Kali ini, Kompas.com mengulas tiga masjid terapung yang didirikan persis di atas perairan. Berikut rinciannya:

Masjid Oesman Al Khoir, Kayong Utara

Masjid yang dibangun dengan luas 50 x 50 meter tersebut bergaya bangunan Arab Saudi. Namun interior masjid dibuat berlanggam Maroko. Masjid ini berada di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Masjid berkapasitas 3.000 jemaah tersebut mengadopsi arsitektur Timur Tengah. Sekeliling bangunan dicat dengan warna putih. Tak lupa ukiran kaligrafi menjadi ornamen penghias masjid.

Tempat ibadah senilai Rp 38 miliar tersebut didirikan dengan dana patungan dari anggaran Pemerintah Kabupaten, dana Oesman Sapta Odang, dan dana corporate social responsibiliity dari delapan BUMN.

Masjid Amirul Mukminin, Makassar

Masjid Amirul Mukminin merupakan Masjid Terapung yang berlokasi di jantung kota MakassarKOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Masjid Amirul Mukminin merupakan Masjid Terapung yang berlokasi di jantung kota Makassar
Masjid yang juga dikenal dengan nama lain Masjid 99 Al Makazzary, merupakan salah satu masjid terapung di Indonesia. Masjid yang melambangkan Asmal Husna ini didirikan dari sumbangan dermawan.

Dibangun pada 8 Mei 2009 lalu, sebagai perwujudan dari keinginan Wali Kota Makassar pada waktu itu, untuk menjadi landmark kota. Lalu terciptalah gagasan pembangunan masjid terapung ini.

Bangunan masjid menggambarkan perpaduan konsep modern, kontemporer, dan islami. Masjid yang dibangun dengan tiga lantai ini terletak di timur Pantai Losari, dan dapat menampung hingga 500 jemaah.

Lantai pertama digunakan sebagai tempat ibadah bagi jemaah pria, sedangkan lantai kedua dan ketiga diperuntukkan bagi jemaah wanita.

Masjid ini dibangun dengan dua kubah. Masing-masing kubah memiliki diameter 9 meter. Sedangkan bangunan masjid sendiri didesain dengan diameter 45 meter.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.