Kompas.com - 27/09/2018, 21:32 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Solo-Semarang berdampak pada perkembangan investasi di Gunungkidul, Yogyakarta, terutama di sisi utara.

Kawasan yang berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, ini mulai dilirik sejumlah investor yang bergerak di berbagai bidang.

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, pembangunan jalan bebas hambatan ini dirasakan sangat positif karena berdampak pada peningkatan investasi.

Peningkatan ini terjadi di Kecamatan Semin yang memang disiapkan sebagai kawasan industri karena kemudahan akses menuju ke wilayah Jawa Tengah. Untuk itu, pihaknya melakukan berbagai terobosan terkait perizinan bagi investasi.

Baca juga: Rp 19 Triliun, Estimasi Dana Tol Solo-Yogyakarta

Di Desa Candirejo, misalnya, sudah mulai dibangun pabrik sarung tangan dengan nilai investasi sekitar Rp 60 miliar.

"Kami mendorong investasi untuk masuk dan berkembang di sini. Hal ini dilakukan untuk membuka lapangan pekerjaan dan mencegah urbanisasi," kata Badingah kepada wartawan, Kamis (27/9/2018).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Gunungkidul Irawan Jatmiko menambahkan, pembangunan Jalan Tol Solo-Semarang menjadi salah satu pendorong pemerintah Gunungkidul mengembangkan sisi utara.

"Akses dari Semin ke Solo lebih dekat, tinggal ke Solo langsung tol ke pelabuhan Tanjung Emas," sambung Irawan.

Selain kemudahan perizinan, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul saat ini sedang menyiapkan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) kawasan industri di Desa Candirejo.

Upaya Pemkab Gunungkidul ini diakui oleh investor. Pemilik PT Woneel Midas Dong Chul Kim menyatakan saat ini segala perizinan diproses dengan cepat dan mudah hanya dalam waktu tiga bulan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.