Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Tol Desari Rp 4,9 Triliun

Kompas.com - 27/09/2018, 20:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Depok-Antasari yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), diyakini akan menjadi salah satu solusi pengurai kemacetan di kedua wilayah tersebut.

Tol ini dirancang sepanjang 21,6 kilometer dan terbagi ke dalam tiga seksi. Seksi I Antasari-Brigif yang telah diresmikan membentang 5,8 kilometer.

Baca juga: Presiden Resmikan Tol Desari

Adapun Seksi II Brigif-Sawangan serentang 6,3 kilometer dan Seksi III Sawangan-Bojonggede sepanjang 9,5 kilometer.

Untuk menggarap jalan bebas hambatan yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) ini, PT Citra Wasphutowa, anak usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk, membenamkan investasi yang tidak sedikit.

Kendaraan proyek melintasi proyek Tol Depok-Antasari Seksi I Antasari-Brigif/Cinere, Jakarta, Senin (10/9/2018). Tol sepanjang 5,8 kilometer tersebut siap dioperasikan  pada September 2018.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan proyek melintasi proyek Tol Depok-Antasari Seksi I Antasari-Brigif/Cinere, Jakarta, Senin (10/9/2018). Tol sepanjang 5,8 kilometer tersebut siap dioperasikan pada September 2018.
“Nilai investasi total saat ini Rp 4,9 triliun,” kata Direktur Utama CMNP Tito Sulistio saat peresmian, Kamis (27/9/2018).

Baca juga: 5 Fakta Tol Desari, Dimulai sejak 2006 dan Sempat Roboh

Dari total investasi yang dibenamkan, CMNP mengalokasikan sekitar Rp 3,3 triliun untuk pekerjaan konstruksi. Sementara, sekitar Rp 1,6 triliun sisanya diperuntukkan bagi pembebasan lahan.

Adapun dari ketiga seksi yang dibangun, alokasi anggaran terbesar diperuntukkan bagi konstruksi dan pembebasan lahan Seksi I sebesar Rp 2,9 trilun.

Rinciannya, biaya konstruksi sekitar Rp 1,6 triliun dan pembebasan lahan sekitar Rp 1,3 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com