Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta BUMN-Swasta Kerja Sama Bangun Tol

Kompas.com - 27/09/2018, 18:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta badan usaha milik negara (BUMN) meningkatkan kerja sama dengan sektor swasta dalam membangun proyek infrastruktur, terutama jalan bebas hambatan atau jalan tol.

Presiden mengungkapkan hal tersebut saat meresmikan Seksi I Tol Depok-Antasari (Desari) di depan Gerbang Tol Cilandak Utama, Kamis (27/9/2018). Seksi I ini terbentang sepanjang 5,8 kilometer mulai dari Antasari hingga Brigif.

Seperti diketahui, Tol Desari akan dikelola PT Citra Wasphutowa, yang sahamnya dimiliki oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (62,5 persen), PT Waskita Tollroad (25 persen) dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (12,5 persen).

Baca juga: Presiden Resmikan Tol Desari

“Kalau kerja sama-kerja sama ini terus dilakukan antara swasta dan BUMN, saya rasa percepatan pembangunan jalan tol yang ada di Tanah Air ini akan semakin cepat bisa diselesaikan,” kata Jokowi.

Proyek jalan tol Depok - Antasari (Desari) di Depok, Jawa Barat, , Sabtu (1/11/2017). Tol ini diharapkan mampu mengurai kepadatan di Tol Jagorawi serta jalur utama TB Simatupang dan Lenteng Agung. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
KRISTIANTO PURNOMO Proyek jalan tol Depok - Antasari (Desari) di Depok, Jawa Barat, , Sabtu (1/11/2017). Tol ini diharapkan mampu mengurai kepadatan di Tol Jagorawi serta jalur utama TB Simatupang dan Lenteng Agung. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meyakini, kehadiran Tol Desari akan mempercepat mobilitas kendaran barang dan masyarakat dari Jakarta ke Depok dan arah sebaliknya.

Selain itu, ia berharap, dua seksi lainnya juga segera rampung. Kedua seksi itu yakni Seksi II Brigif-Sawangan sepanjang 6,3 kilometer dan Seksi III Sawangan-Bojonggede sepanjang 9,5 kilometer.

PT Citra Wasphutowa sendiri menargetkan konstruksi Seksi II rampung pertengahan 2019, sementara Seksi III selesai pada 2021.

Baca juga: Agar Tak Bingung di Simpang Susun Antasari Tol Desari, Simak Rutenya

“Saya berharap, tadi disampaikan Pak Tito (Dirut CMNP), yang sampai Sawangan masih nunggu sampai tahun 2019, sampai Bogornya 2021, ya semuanya sampai 2019 saja jangan lama-lama,” tutup Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com