Target Rumah MBR Meleset, Pemerintah Akui Ada Kekeliruan Perencanaan

Kompas.com - 24/09/2018, 18:49 WIB
Ilustrasi rumah Kementerian PUPRIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurangnya pasokan rumah terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang disediakan pemerintah, tidak terlepas dari ketidaktepatan dalam perencanaannya.

Hal itu terjadi karena menurut Kepala Seksi Strategi Pembiayaan Kementerian PUPR Tantra Rifai mengatakan, perencanaan penyediaan perumahan didasarkan pada basis data yang diperoleh 2-3 tahun lalu.

Data tersebutlah yang kemudian menjadi patokan pemerintah untuk menyalurkan bantuan subsidi kepada masyarakat.

Baca juga: Pemerintah Berencana Kembangkan Aplikasi Perumahan Serupa Go-Jek

Seperti diketahui, ada beberapa bentuk subsidi perumahan yang dimiliki pemerintah, misalnya fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), subsidi selisih bunga (SSB), dan subsidi bantuan uang muka (SBUM).

"Dan ini sangat bias ketika dilakukan pengukuran kinerja pada akhir tahun," ungkap Tantra dalam Housing Talks bertajuk 'Ide dan Inovasi Rumah dalam Era Kekinian' di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (24/9/2018).

Problem lainnya yaitu terbatasnya akses MBR terhadap pembiayaan perumahan dari perbankan. Terutama, kalangan MBR yang berasal dari kelompok non-fixed income.

"Karena kalau dilihat di lapangan, jumlah masyarakat yang bekerja di sektor informal ini sangat banyak dan sangat banyak pula yang belum punya rumah," ungkap Tantra.

Di samping itu, pemerintah daerah juga memiliki wewenang terbatas dalam membantu masyarakatnya untuk memiliki rumah layak huni dan terjangkau.

"Dalam UU terbaru itu dibatasi bagi pemda untuk mengembangkan sistem pembiayaan perumahan. Padahal itu penting untuk mendukung penyediaan rumah terutama untuk MBR," imbuh Tantra.

Baca juga: Aplikasi Digital Perumahan Juga Bakal Berisi Aturan Membangun Rumah

Karena itu, Kementerian PUPR kini tengah mengembangkan aplikasi baru yang mampu memberikan data lebih rinci mengenai kebutuhan rumah layak huni dan terjangkau bagi MBR.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X