Bekas Pabrik Kincir Angin Disulap Jadi "Skate Park" - Kompas.com

Bekas Pabrik Kincir Angin Disulap Jadi "Skate Park"

Kompas.com - 24/09/2018, 07:00 WIB
Streetmekka Viborg BuildDezeen Streetmekka Viborg Build

KOMPAS.com - Sebuah pabrik kincir angin bekas di Viborg, Denmark, Streetmekka Viborg Build, yang sudah tidak dipakai, disulap menjadi sebuah area bermain yang menyenangkan bagi masyarakat.

Di area seluas 3.170 meter persegi ini, berbagai fasilitas olaraga ada di dalamnya. Mulai dari lapangan basket, arena skateboard dan parkour, hingga tempat DJ beraksi.

"Kami telah mengambil bangunan yang plaing umum dari mereka semua dan mengubahnya menjadi pusat budaya yang dinamis untuk olahraga dan budaya jalanan yang ditargetkan bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan olahraga yang terorganisir," ucap Chief Operating Officer EFFEKT, Mikkel Bøgh.

Streetmekka Viborg BuildDezeen Streetmekka Viborg Build

Bagian fasad bangunan ini dilapisi oleh polikarbonat bening. Selain memberikan kesan ramah dan ringan, lapisan luar itu juga untuk membedakan antara pabrik satu dengan yang lain yang ada di sekitarnya.

Pada bagian luar juga terdapat penataan ala streetscape. Mulai dari pencahayaan, zona material dan temperatur hingga area pembatas yang berkualitas.

Mereka menggunakan pendekatan dengan menghilangkan dinding pada kedua ujung gedung serta menempatkan semua fungsi administrasi dan ruang lokakarya di satu sisi struktur yang ada, dan area skate pada sisi lainnya.

"Hal ini meninggalkan kesan manufaktur secara utuh dari kondisi sebelumnya," ungkap salah seorang partner EFFEKT, Tue Foged.

Streetmekka Viborg BuildDezeen Streetmekka Viborg Build

Berbagai ruang sosial terdapat di seluruh area pertemuan informal yang berada di dalam gedung. Hal ini untuk meningkatkan interaksi serta fasilitas yang ada.

Foged pun menyarankan agar bangunan ini terus tumbuh dan berkembang, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Pasalnya, fasad bangunan memungkinkan untuk menjadi arena animasi dan seni jalanan.

Oleh karena itu, ketika ada gagasan baru yang ingin ditambahkan, maka yang lama dapat dihapus.

"Kami menargetkan adanya latar belakang demografi yang luas pada mereka yang memanfaatkan ruang ini. Tujuan kami adalah untuk menciptakan bangunan terbuka dan ramah," ujarnya.

Streetmekka Viborg BuildDezeen Streetmekka Viborg Build



Close Ads X