Cara Ringkas Menata Ruang Tamu Terlihat Lebih Luas

Kompas.com - 23/09/2018, 20:00 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Jika Anda kerap menerima tamu di rumah, penataan ruang tamu menjadi penting. Ini karena ruang tamu biasanya memberikan karakter penghuni rumah.

Jika ruang tamu Anda nyaman, maka mereka yang berrkunjung akan merasa disambut baik.

Namun bagaimana jika ruang tamu di rumah berukuran kecil dan terasa sempit? Anda dapat menerapkan cara mudah di bawah ini:

Kurangi atau ganti perabot

Ruangan kecil tidak membutuhkan banyak perabot. Pilih satu atau dua jenis furnitur seperti meja atau kursi untuk ruang tamu. Anda dapat pula menambahkan karpet agar suasana semakin hangat.

Ilustrasidezeen Ilustrasi
Selain mengurangi perbot yang tidak berguna, Anda bisa mengganti model dengan perabot yang hanya memiliki rangka saja, seperti meja kopi.

Sehingga tidak terlihat sesak di dalam ruangan. Perabot semacam ini bisa menjadi tumpuan kaki untuk meregangkan otot.

Jika ruang tamu membutuhkan tempat penyimpanan, maka gunakan lemari yang tidak memiliki pintu untuk memberikan kesan luas.

Warna netral dan cerah

Mengecat dinding dengan warna putih atau warna cerah lain mampu membuat ruangan terlihat lebih luas. Tetapi Anda juga bisa menerapkan prinsip ini untuk perabot di ruang tamu.

Untuk perabot, pakailah permainan warna yang tidak begitu mencolok seperti krem, atau kuning gading.

Sedikit warna gelap

Ruang tamuPIXABAY/ErikaWittlieb Ruang tamu
Meski warna cerah mampu membuat ruangan terlihat lebih besar, namun jangan takut untuk memberikan sentuhan warna gelap. Sedikit warna gelap malah akan memberikan suasana baru agar ruang tamu tidak terlihat monoton.

Warna gelap seperti hitam atau biru tua bisa menjadi daya tarik ruangan jika ruang tamu tidak banyak memiliki perabot.

Perabot berpola

Tekstur pada karpet atau bantal dengan pola dapat membuat ruang tamu terlihat lebih menarik. Meski ruangan memiliki warna netral dan cerah yang terlihat sedikit monoton, namun penggunaan sedikit pola, akan menambah kesan ramai pada ruang tamu.

Jendela tanpa tirai

Jika privasi bukan menjadi masalah serius di ruang tamu, maka pertimbangkan untuk tidak menggunakan tirai sebagai penutup jendela.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Houzz.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X