Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo I Raih Penghargaan Sektor Transportasi

Kompas.com - 18/09/2018, 10:07 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) meraih 11 penghargaan pelayanan prima unit pelayanan publik sektor transportasi 2018 dari Kementerian Perhubungan.

Dari 11 penghargaan itu, diraih sembilan cabang yang berada di bawah pengelolaan Pelindo 1 yaitu: Terminal Penumpang Sri Bintanpura cabang Tanjungpinang, Belawan International Container Terminal (BICT), Terminal Petikemas Domestik Belawan dan Terminal Petikemas Perawang Cabang Pekanbaru.

Kemudian Terminal Curah Kering Belawan, Terminal Curah Cair Dumai, Terminal Penumpang Bandardeli Belawan, Terminal Penumpang Tanjungbalai Karimun, Terminal Penumpang Pelabuhan Dumai, Terminal Penumpang Pelabuhan Tembilahan, dan Terminal Penumpang Teluk Nibung Cabang Tanjungbalai Asahan.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta pada Senin (17/9/2018).

Baca juga: Pelindo Gelar One Day with Pelindo l

“Ini wujud komitmen Pelindo 1 dalam mengoptimalkan kinerja pelayanan di 16 cabang dalam melayani pelanggan. Kami juga secara konsiten terus meningkatkan kinerja dan kualitas layanan di setiap cabang," kata ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami, Senin malam.

Menteri Budi, lanjut dia, memberikan penghargaan pelayanan prima kepada unit pelayanan publik di lingkungan perhubungan yang telah berprestasi dalam kegiatan penilaian pelayanan prima 2018.

Penilaian yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan tersebut diikuti 147 unit pelayanan publik sektor transportasi di Indonesia.

"Pak Menteri berharap kegiatan ini selalu diaktifkan dan jadi suatu yang lebih detil untuk menentukan konsep baru untuk membuat lebih baik pelayanan," jelas Fiona.

Penilaian kinerja pelayanan publik merupakan tingkat keberhasilan hasil kerja baik secara individual maupun institusi yang dinilai dari aspek kualitas pelayanan yang diberikan.

Selain aspek kualitas pelayanan tersebut terdapat aspek lain seperti responsivitas (responsiveness), responsibilitas (responsibility) dan akuntabilitas (accountability).

"Penghargaan ini merupakan upaya untuk mendorong perbaikan penyelenggaraan pelayanan masyarakat dengan memberikan stimulasi perbaikan pelayanan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada unit penyelenggara pelayanan yang berhasil memperoleh predikat unit pelayanan prima," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com