Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I Tahun 2019, Tol Pandaan-Malang Beroperasi

Kompas.com - 17/09/2018, 16:43 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk optimistis pengerjaan Jalan Tol Pandaan-Malang selesai sesuai target dan dapat dioperasikan pada triwulan I tahun 2019 mendatang.

Hingga Senin (17/9/2018), pekerjaan konstruksi jalan tol sepanjang 38,488 kilometer ini mencapai 66,24 persen, sedangkan pengadaaan lahan mencapai 90 persen dari total keseluruhan lahan.

Baca juga: Hampir Rampung, Pembebasan Lahan Tol Pandaan-Malang 80,6 Persen

PT Jasamarga Pandaan-Malang (JPM), anak usaha Jasa Marga yang mengelola jalan tol tersebut, terus melakukan berbagai upaya untuk merampungkan pembebasan lahan yang dibutuhkan.

Direktur Utama PT JPM Agus Purnomo mengatakan, walaupun pembebasan lahan belum selesai sepenuhnya, namun pekerjaan konstruksi tetap dilakukan. 

Progres Jalan Tol Pandaan-Malang per Senin (17/9/2018).Dokumentasi Jasamarga Pandaan Malang Progres Jalan Tol Pandaan-Malang per Senin (17/9/2018).
Tujuannya agar jalan tol yang menghubungkan Kabupaten Pandaan dan Kota Malang ini rampung sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Jadi, kami tidak main tunggu-tungguan. Meski pembebasan lahan belum selesai, kami jalan terus. Kami yakin pembebasan lahan akan selesai paralel dengan pengerjaan konstruksi,” ujar Agus.

Jalan Tol Pandaan-Malang terdiri dari lima seksi. Seksi I Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,47 kilometer.

Lalu, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer; Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,10 kilometer; Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer; dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer.

Progres Tol Pandaan-Malang per Senin (17/9/2018).Dokumentasi Jasamarga Pandaan Malang Progres Tol Pandaan-Malang per Senin (17/9/2018).
Konsesi Jalan Tol Pandaan-Malang yang dimiliki JPM selama 35 tahun dengan nilai investasi sebesar Rp 5,9 triliun.

Jalan Tol Pandaan-Malang akan terhubung dengan Jalan Tol Gempol-Pandaan. Dengan beroperasinya jalan tol ini, diharapkan dapat mengurai kemacetan yang ada di jalan arteri dan memangkas waktu tempuh dari Malang menuju Pandaan atau sebaliknya.

Selain itu, rampungnya Jalan Tol Pandaan-Malang dapat mempercepat arus distribusi barang dan jasa serta meningkatkan perekonomian di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com