Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Underpass" Simpang Tugu Siap Jelang Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia

Kompas.com - 15/09/2018, 22:30 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah selesai mengerjakan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di Bali.

Pembangunan infrastruktur ini disiapkan untuk mendukung peran Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) dengan Bank Dunia (World Bank) di Denpasar, Bali, pada Oktober 2018.

Underpass ini dibangun bertujuan untuk mengurangi kemacetan di Kota Denpasar serta mendukung pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia tahun 2018,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui keterangan tertulis, Jumat (14/9/2018).

Operasional underpass ini sudah ditunggu oleh masyarakat karena diharapkan mengurangi kemacetan lalu lintas akibat pertemuan kendaraan dari empat arah, yakni dari dan menuju Bandara Ngurah Rai, Tol Bali Mandara, serta Denpasar menuju Nusa Dua dan sekitarnya.

Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di Bali. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di Bali.
Sehubungan dengan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia, kelancaran arus lalu lintas dianggap penting untuk mendukung mobilitas para peserta konferensi yang diperkirakan 15.000 orang.

Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai memiliki spesifikasi panjang 712 meter, lebar 16 meter, dan tinggi 5,2 meter. 

Desainnya disesuaikan dengan ornamen budaya Bali yang bisa dilihat pada dinding underpass.

Pembangunannya dimulai dari September 2017 dan menelan biaya Rp 168,3 miliar melalui anggaran Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, sedangkan konstruksinya dikerjakan oleh PT Adhi Karya, PT Nindya Karya, dan PT Wira KSO.

Adapun supervisinya diserahkan kepada konsultan PT Wira Widyatama, PT Aria Jasa Reksatama, dan PT Tata Guna Patria (Joint Operation).

Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di Bali. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di Bali.
“Salah satu tantangan dalam pembangunan underpass tersebut adalah lokasinya yang berdekatan dengan bandara sehingga tidak dapat menggunakan peralatan konstruksi yang terlalu tinggi karena dikhawatirkan mengganggu pesawat yang hendak terbang dan mendarat,” tutur Kepala BBPJN Ketut Darmawahana.

Keberadaannya tidak hanya fungsional secara fisik, tetapi juga menambah keindahan Kota Denpasar yang menyatu dengan budaya lokal.

Menurut rencana, Presiden Joko Widodo akan meresmikan Underpass Simpang Tugu bersamaan dengan patung Garuda Wisnu Kencana pada akhir September nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com