Sri Lanka Bangun Kota Metropolis Baru Rp 222 Triliun

Kompas.com - 15/09/2018, 07:37 WIB
Port City, Sri Lanka CHEC Port City Colombo (Pvt) LtdPort City, Sri Lanka

KOMPAS.com - Saat ini Sri Lanka menggunakan dana investasi 1,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 20,7 triliun untuk membangun kota metropolis baru bernama Port City.

Port City Colombo merupakan proyek reklamasi yang akan menjadi penyambung bagi ibu kota Srilanka dan penghubung kawasan maritim antara Asia dan Eropa di sepanjang jalur sutera China.

Baca juga: 5 Megaproyek Ini Akan Mengubah Wajah Srilanka

Proyek ini dijadwalkan rampung pada 2041. Namun kemungkinan biaya yang dikeluarkan diperkirakan lebih besar menjadi 15 miliar dollar AS (Rp 222 triliun).

Ibu kota sekaligus kota terpadat di Sri Lanka, Kolombo, merupakan rumah bagi 750.000 penduduk.

Pembangunan Port City

Desain Port City, Sri LankaCHEC Port City Colombo (Pvt) Ltd Desain Port City, Sri Lanka
Meski konsep Port City sudah ada sejak 2004, namun rencana pembangunan kota ini harus ditunda akibat perang.

Pembangunan dilanjutkan dengan adanya dana yang berasal dari investor China. Namun ketika Pemerintah Sri Lanka tidak mampu membayar utang, proyek ini harus terhenti kembali.

China bahkan dituduh telah menggunakan investasinya untuk mempengaruhi pemerintahan.

Tuduhan ini membuat China Communications Construction Company selaku investor berang. Mereka bahkan mengkalim kehilangan 380.000 dollar AS per hari sementara proyek ini dalam keadaan terbengkalai.

Desain Port City

Biaya yang dikeluarkan diperkirakan lebih besar menjadi 15 miliar dollar AS (Rp 222 triliun). CHEC Port City Colombo (Pvt) Ltd Biaya yang dikeluarkan diperkirakan lebih besar menjadi 15 miliar dollar AS (Rp 222 triliun).
Kota metropolis ini didesain khusus sebagai tempat tinggal dan komersial. Kota baru ini diharapkan mampu menampung 80.000 penduduk dan 250.000 orang komuter setiap harinya.

Kompleks ini nantinya akan menjadi perkantoran, hotel, fasilitas perawatan kesehatan, ritel, dan hiburan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X