Menarik Dibaca: Ruas Tol Baru dan Tabung Silinder Pembatas Jalan

Kompas.com - 13/09/2018, 10:00 WIB
Ilustrasi tolKementerian PUPR Ilustrasi tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita tentang rencana beroperasinya delapan ruas tol baru pada akhir tahun ini dan tahun depan menjadi salah satu artikel menarik di kanal Properti Kompas.com, Rabu (12/9/2018).

Selain itu, kabar tentang rencana mengaplikasikan teknologi pengaman baru pada pembatas jalan berupa tabung silinder yang dapat berputar ketika terjadi tabrakan juga banyak mendapat pehatian pembaca.

Berikut ini daftar berita menarik selengkapnya:

1. Jalan tol baru hingga arus mudik tahun depan 

Tak hanya ruas Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) sepanjang 36,4 kilometer yang dikelola PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), sejumlah ruas tol lain juga akan dibuka sementara hingga beroperasi penuh saat Lebaran 2019.

Berdasarkan catatan Kompas.com, setidaknya ada delapan ruas tol yang ditargetkan beroperasi bertahap hingga akhir tahun ini, yakni Tol Pejagan-Pemalang (37,3 kilometer), Tol Pemalang-Batang (33 kilometer), Tol Batang-Semarang (75 kilometer), Tol Salatiga-Kartasura (32 kilometer).

Kemudian, Tol Sragen-Ngawi (51 kilometer), Tol Wilangan-Kertosono (37,97 kilometer), Tol Pasuruan-Grati (13,9 kilometer), dan Tol Porong-Gempol (6 kilometer). Kedelapan ruas tol ini merupakan bagian dari jaringan ruas Tol Trans Jawa.

Selain itu, ada pula tol yang ditargetkan beroperasi pada tahun depan atau sebelum Juni 2019.

Berita selengkapnya: Catat, Jalan Tol Baru yang Bisa Dilintasi Saat Mudik Tahun Depan

2. Jabar akan aplikasikan tabung silinder pembatas jalan 

Pengaman di Jalan Lapangan Terbang Subang, Malaysia. Pengaman di Jalan Lapangan Terbang Subang, Malaysia.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berencana mengaplikasikan teknologi pengaman baru pada pembatas jalan yang lokasinya berada dekat jurang.

Teknologi tersebut berupa tabung silinder yang dapat berputar ketika terjadi tabrakkan, sehingga membuat pengguna kendaraan dapat terhindar dari kecelakaan.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X