Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Menarik: Rumah Jack Ma dan Ibu Kota Ethiopia

Kompas.com - 09/09/2018, 10:09 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di barisan berita terpopuler kanal properti pada Sabtu (8/9/2018) cukup beragam.

Mulai dari ibu kota Ethiopia yang kian mirip China, rumah para orang-orang kaya di dunia, hingga rencana pengoperasian Tol Balikpapan-Samarinda.

Berikut kabar selengkapnya:

1. Ini yang membuat ibu kota Ethiopia mirip China

Selain pertumbuhan jumlah penduduknya, Ethiopia juga memiliki kemiripan lain dengan negeri panda tersebut. Pembangunan tempat ini sudah menyerupai kota-kota urban di China.

Sejumlah infrstruktur seperti jalan, jalur kereta, sistem transportasi, hingga gedung-gedung tinggi dibangun oleh perusahaan asal negeri Tirai Bambu tersebut.

Berada di ketinggian 2.355 meter di atas permukaan laut, Addis Ababa merupakan ibu kota negara tertinggi di dunia. Berdasarkan sensus tahun 2007, jumlah penduduk kota ini mencapai 2,7 juta jiwa.

Tidak seperti ibu kota Afrika lainnya, tempat ini tidak memililki infrastruktur khas Eropa. Hal ini karena Addis Ababa tidak direncanakan untuk menjadi sebuah kota.

Namun hal ini berubah ketika populasi kota ini membengkak pada pergantian abad ke-21. Pada saat yang sama, China juga sedang mengajukan kerja sama dengan negara-negara di Afrika.

Pada tahun 2000, negara terluas di Asia ini menyelenggarakan forum kerja sama China dan Afrika yang pertama.

Baca juga: Ini yang Membuat Ibu Kota Ethiopia Mirip China

Perubahan rumah bernama The Peak milik Jack Ma di Hong Kong.KLS Planners Perubahan rumah bernama The Peak milik Jack Ma di Hong Kong.

2. Rumah Rp 2,8 triliun Jack Ma ada di Hong Kong

Konglomerat asal China, Jack Ma, berkunjung ke Indonesia pada minggu lalu dan tampil saat penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Dalam kesempatan itu, dia hadir sebagai perwakilan China dan memperkenalkan kota kelahirannya di Hangzhou yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan Asian Games 2022.

Namun, ternyata bukan di kota itu Jack Ma memiliki rumah sebagai hasil dari gurita bisnisnya selama ini. Dia malah membeli rumah di Hong Kong.

Rumah itu diberi nama The Peak dan bernilai 1,5 miliar dollar Hongkong. Jika dikonversi ke nilai rupiah sekarang ini, harganya sekitar Rp 2,8 triliun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com