Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Stack House", Rumah Kotak di Lereng Bukit Los Angeles

Kompas.com - 08/09/2018, 20:30 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stack House merupakan rumah berukuran 205 meter persegi yang dirancang dan dikembangkan oleh FreelandBuck, perusahaan desain arsitektur berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat.

Rumah vertikal yang terletak di lereng bukit ini terdiri dari empat lantai dan di masing-masing lantai itu penghuninya bisa melihat pemandangan indah Pegunungan San Gabriel tanpa terhalang apa pun.

Posisi ruangan di setiap lantai ibarat tumpukan kotak yang diatur sedemikian rupa sehingga tidak terlihat ada yang dominan di rumah itu.

Tantangan dalam mendesain rumah ini adalah posisinya yang sulit. Tidak seperti rumah lain yang berada di atas bukit, rumah ini seolah-olah tertanam ke dalam tanah dan menyatu dengan alam.

Stack House di Los Angeles.FreelandBuck.com Stack House di Los Angeles.

Karena ketinggian setiap lantai tidak begitu tinggi, sehingga jarak antar-atap tampak berdekatan. Hal itu diakali dengan memperluas interior menyatu dengan eksterior di setiap lantai.

Setiap ruangan itu memiliki desain yang bervariasi dan dari situ terlihat pemandangan elok Pegunungan San Gabriel.

Ruang utama di rumah itu berada di lantai tiga. Di situ ada ruang makan, dapur, ruang tamu, dan ruang kerja. Semuanya diatur dengan desain ruangan yang sederhana dan praktis.

Masing-masing ruangan itu dibatasi dengan dinding yang melengkung sekaligus penanda untuk memisahkan aktivitas yang berbeda, tetapi keseluruhan isi rumah itu bisa tetap terlihat.

Stack House di Los Angeles.FreelandBuck.com Stack House di Los Angeles.

Ada tangga utama yang menghubungkan setiap ruangan ke teras makan di bagian belakang serta halaman depan rumah dan pegunungan yang tampak di kejauhan.

Di lantai empat terdapat tiga kamar tidur, dengan satu kamar mandi utama dan satu lagi di bagian depan rumah.

Sementara itu, garasi pribadi yang berkapasitas dua mobil dan ruang kerja terletak di lantai dasar.

Untuk di bagian eksterior rumah, arsitek merancangnya dengan desain bervariasi. Hal itu terlihat dari dinding bertekstur garis dan cat dengan gradasi halus dari putih ke abu-abu.

Stack House di Los Angeles.FreelandBuck.com Stack House di Los Angeles.

Sedangkan di bagian interior, terdapat meja marmer dan lantai yang terbuat dari kayu ek Perancis dengan sentuhan akhir yang alami.

Satu hal lain yang cukup unik yaitu pintu kaca yang bisa dilipat mirip cara kerja alat musik akordeon berukuran besar.  

Pintu itu memungkinkan penghuni melihat dari dalam rumah terbentangnya pemandangan ikonik yang lebih luas dari lereng bukit di Los Angeles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com