Pindah Rumah Sekaligus Kurangi Barang, Begini Caranya - Kompas.com

Pindah Rumah Sekaligus Kurangi Barang, Begini Caranya

Kompas.com - 08/09/2018, 12:52 WIB
Memilih dan memilah barang yang dibutuhkan.Element 5 Architecture Memilih dan memilah barang yang dibutuhkan.

KOMPAS.com – Berpindah rumah merupakan waktu yang bisa digunakan sekaligus untuk berhemat dengan cara mengurangi barang-barang bawaan.

Sebagian orang memilih berhemat melalui uang sewa rumah, tetapi masih ada juga yang mengganggapnya menjadi masalah.

Ada orang yang memiliki rumah besar di pinggiran kota lalu pindah ke tengah kota dengan menempati apartemen atau ruamh yang lebih kecil. Namun, masalahnya ukuran hunian itu tidak sebesar rumah yang ditinggali sebelumnya.

Maka dari itu, sejumlah orang lain berusaha mengurangi perabotan rumah tangganya saat berpindah. Hal itu juga dimaksudkan untuk mengurangi pengeluaran biaya perawatannya.

Anda tidak harus dibuat stres karena perampingan barang-barang itu. Dengan mengikuti beberapa saran, proses mengurangi barang di rumah bisa berjalan lancar dan membuat rumah baru yang dihuni akan lebih rapi.

Memulai sesegera mungkin

Saran paling penting untuk mengurangi barang saat pemindahan rumah yaitu memulai lebih awal. Segera setelah Anda mengetahui bahwa  Anda akan pindah ke rumah yang lebih kecil, mulailah memilih dan memilah barang yang dibutuhkan.

Mungkin saja Anda merasa khawatir dengan kondisi rumah atau apartemen yang akan ditempati nanti. Jangan khawatir, Anda bisa mengurus berbagai perabotan di rumah secara bertahap setiap minggu atau setiap bulan.

Hal itu bisa dilakukan satu per satu, dari ruangan yang satu ke rruangan yang lain . Dengan begitu, pekerjaan itu akan terasa lebih ringan.

Mulailah dengan membuat daftar barang-barang penting yang Anda butuhkan dan barang-barang yang tidak dibutuhkan lagi sehingga bisa disingkirkan dengan segera.

Jika Anda berencana untuk menyumbangkan barang-barang itu atau menjualnya melalui internet, hal itu bisa dilakukan bersamaan atau menjelang kepindahan Anda.

Setelah itu, Anda bisa melihat hasilnya. Barang sudah berkurang dan rumah semakin kosong, Anda pun akan terdorong untuk melakukannya lagi.

Menjual atau menyumbangkan barang-barang yang tidak diperlukan lagi.Haven Design and Construction Menjual atau menyumbangkan barang-barang yang tidak diperlukan lagi.

Memilih dan memilah

Cara terbaik untuk megurangi barang saat berpindah rumah adalah jujur pada diri sendiri tentang apa yang benar-benar Anda butuhkan. Sebelum Anda mulai memeriksa barang-barang di rumah Anda, buatlah dulu daftar prioritas barang yang pasti Anda butuhkan. Barang itu Anda gunakan secara teratur setiap hari, seperti tempat tidur dan peralatan masak.

Selain itu, tentukan barang apa yang bisa Anda dapatkan di mana saja. Misalnya, jika Anda saat ini memiliki televisi di setiap kamar, tetapi saat pindah ke rumah baru nanti ukuran kamarnya lebih kecil. Untuk itu, pilihlah televisi yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan ukuran kamar.

Bahkan barang-barang kecil, seperti pisau dapur yang tidak pernah Anda gunakan, juga harus disingkirkan. Barang-barang kecil, tetapi jika jumlahnya banyak, akan menambah dan memenuhi suatu ruangan.

Kemudian, pastikan bahwa barang Anda bisa diganti dengan ukuran yang lebih kecil, contohnya sofa, kursi ruang tamu, televisi, dan meja dapur.

Jika saat ini Anda memiliki rumah yang besar, tentu saja bisa memuat barang-barang yang besar juga. Namun, Anda bisa menghemat ruangan dengan menjualnya dan membeli ukuran yang lebih kecil saat nanti menempati rumah yang baru.

Jual atau sumbangkan barang

Niat untuk menjual atau menyumbangkan barang-barang yang tidak Anda perlukan lagi tergantung keputusan pribadi, asalkan barang-barang itu dalam kondisi baik.

Jika Anda merasa ragu untuk menjual televisi yang tidak diperlukan lagi, pikirkanlah bahwa uang yang Anda dapatkan dari hasil penjualannya bisa digunakan untuk keperluan lain. Mungkin itu bisa mendorong Anda untuk melakukannya.

Menyangkut pilihan barang mana yang pantas untuk dijual dan barang mana yang akan disumbangkan, Anda bisa menjual barang yang harganya lebih mahal dan menyumbangkan barang yang lebih murah, misalnya barang pajangan dan pakaian yang jarang digunakan.

Anda juga bisa bertanya ke teman atau keluarga yang mungkin kebetulan sedang menginginkan barang yang tidak Anda perlukan lagi.

Mungkin akan lebih mudah bagi Anda untuk memberikan barang yang mempunyai arti tersendiri jika Anda tahu di tangan siapa barang itu sekarang.

Menyimpan barang yang tidak digunakan di gudang.RW Anderson Homes Menyimpan barang yang tidak digunakan di gudang.

Pikirkan tempat penyimpanan

Tidak semua orang memiliki tempat penyimpanan barang atau gudang untuk barang yang tidak digunakan lagi, termasuk di rumah di rumah baru yang akan ditempati.

Pastikan bahwa gudang itu hanya untuk menyimpan barang-barang yang seharusnya tidak Anda gunakan. Jika tidak, Anda hanya akan memindahkan masalah, bukan menyelesaikannya.

Bahkan nantinya bisa membuat Anda mencari hunian yang lebih besar dan menambah masalah biaya yang lebih besar setiap bulan.

Maka dari itu, gunakan tempat penyimpanan  itu untuk barang-barang yang tidak diperlukan lagi atau barang yang mungkin dibutuhkan suatu saat nanti.

Alternatif lain, maksimalkan pemanfaatan ruang yang tersedia di rumah Anda dengan lebih baik. Buatlah wadah penyimpanan di bawah tempat tidur. Bisa juga dengan memasang lebih banyak rak untuk buku atau barang pajangan.

Dengan demikian, Anda tetap memiliki ruang gerak di rumah dan masalah pemilihan barang mana yang akan disingkirkan pun terpecahkan.



Close Ads X