Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah Rumah Sekaligus Kurangi Barang, Begini Caranya

Kompas.com - 08/09/2018, 12:52 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Berpindah rumah merupakan waktu yang bisa digunakan sekaligus untuk berhemat dengan cara mengurangi barang-barang bawaan.

Sebagian orang memilih berhemat melalui uang sewa rumah, tetapi masih ada juga yang mengganggapnya menjadi masalah.

Ada orang yang memiliki rumah besar di pinggiran kota lalu pindah ke tengah kota dengan menempati apartemen atau ruamh yang lebih kecil. Namun, masalahnya ukuran hunian itu tidak sebesar rumah yang ditinggali sebelumnya.

Maka dari itu, sejumlah orang lain berusaha mengurangi perabotan rumah tangganya saat berpindah. Hal itu juga dimaksudkan untuk mengurangi pengeluaran biaya perawatannya.

Anda tidak harus dibuat stres karena perampingan barang-barang itu. Dengan mengikuti beberapa saran, proses mengurangi barang di rumah bisa berjalan lancar dan membuat rumah baru yang dihuni akan lebih rapi.

Memulai sesegera mungkin

Saran paling penting untuk mengurangi barang saat pemindahan rumah yaitu memulai lebih awal. Segera setelah Anda mengetahui bahwa  Anda akan pindah ke rumah yang lebih kecil, mulailah memilih dan memilah barang yang dibutuhkan.

Mungkin saja Anda merasa khawatir dengan kondisi rumah atau apartemen yang akan ditempati nanti. Jangan khawatir, Anda bisa mengurus berbagai perabotan di rumah secara bertahap setiap minggu atau setiap bulan.

Hal itu bisa dilakukan satu per satu, dari ruangan yang satu ke rruangan yang lain . Dengan begitu, pekerjaan itu akan terasa lebih ringan.

Mulailah dengan membuat daftar barang-barang penting yang Anda butuhkan dan barang-barang yang tidak dibutuhkan lagi sehingga bisa disingkirkan dengan segera.

Jika Anda berencana untuk menyumbangkan barang-barang itu atau menjualnya melalui internet, hal itu bisa dilakukan bersamaan atau menjelang kepindahan Anda.

Setelah itu, Anda bisa melihat hasilnya. Barang sudah berkurang dan rumah semakin kosong, Anda pun akan terdorong untuk melakukannya lagi.

Menjual atau menyumbangkan barang-barang yang tidak diperlukan lagi.Haven Design and Construction Menjual atau menyumbangkan barang-barang yang tidak diperlukan lagi.

Memilih dan memilah

Cara terbaik untuk megurangi barang saat berpindah rumah adalah jujur pada diri sendiri tentang apa yang benar-benar Anda butuhkan. Sebelum Anda mulai memeriksa barang-barang di rumah Anda, buatlah dulu daftar prioritas barang yang pasti Anda butuhkan. Barang itu Anda gunakan secara teratur setiap hari, seperti tempat tidur dan peralatan masak.

Selain itu, tentukan barang apa yang bisa Anda dapatkan di mana saja. Misalnya, jika Anda saat ini memiliki televisi di setiap kamar, tetapi saat pindah ke rumah baru nanti ukuran kamarnya lebih kecil. Untuk itu, pilihlah televisi yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan ukuran kamar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com