Kompas.com - 07/09/2018, 21:00 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Tahun 2019 mendatang waktu tempuh dari kota Balikpapan menuju kota Samarinda akan lebih singkat, yakni hanya 1 jam 15 menit. 

Hal ini menyusul bakal beroperasinya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang ditrgetkan dibuka secara resmi pada Mei 2019.

"Jadi, Maret konstruksinya sudah rampung, dan sebelum Lebaran atau Mei sudah beroperasi," kata Kepala Badan Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Refly Ruddy Tangkere menjawab Kompas.com, Jumat (7/9/2018).

Baca juga: Sebelum Lebaran 2019, Balikpapan-Samarinda Tersambung Tol 99,35 Km

Sebelum jalan tol ini dibangun, lanjut Refly, mobilitas warga, barang, jasa melintasi Jalan Poros sepanjang 125 kilometer dengan waktu tempuh 3 jam.

"Tol ini memperpendek jarak 25 kilometer," tambah Refly.

Progres Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,3 kilometer per Jumat (7/9/2018).Kompas.com / Hilda B Alexander Progres Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,3 kilometer per Jumat (7/9/2018).
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dirancang sepanjang 99,2 kilometer. Terdiri dari lima seksi yakni Seksi I mulai dari Km 13-Samboja sepanjang 21,9 kilometer,  Seksi II Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,05 kilometer, dan Seksi III Muara Jawa-Palaran sepanjang 18,20 kilometer.

Kemudian Seksi IV dari Palaran hingga Samarinda sepanjang 17,15 kilometer dan Seksi V dari KM 13 Balikpapan hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,09 kilometer.

Untuk diketahui, investasi pembangunan jalan tol ini senilai Rp 9,4 triliun. Ruas dengan fasilitas pendanaan viability gap fund (VGF) adalah Seksi I dan Seksi V sepanjang 33,11 kilometer.

Sedangkan ruas investasi yang dikelola oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) terdiri dari Seksi II, Seksi III, dan Seksi IV dengan total sepanjang 66,23 kilometer

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.