3 Bangunan Ikonik Karya Gubernur Baru Jawa Barat - Kompas.com

3 Bangunan Ikonik Karya Gubernur Baru Jawa Barat

Kompas.com - 06/09/2018, 16:32 WIB
Masjid At-Taqwa Polda Bangka Belitung karya Ridwan Kamil.Dokumentasi Ridwan Kamil Masjid At-Taqwa Polda Bangka Belitung karya Ridwan Kamil.

KOMPAS.com - Ridwan Kamil resmi dilantik menjadi gubernur Jawa Barat kemarin, Rabu (5/9/2018). Sebelum terjun ke dunia politik, popularitasnya sebagai seorang arsitek sudah lama tedengar.

Bahkan beberapa rancangannya menjadi bangunan ikonik dan mendapatkan penghargaan baik nasional hingga internasional, seperti 3 bangunan berikut:

Masjid At-taqwa Polda Bangka Belitung

Madjid ini dirancang oleh Ridwan Kamil bersama firma arsitektur Urbane. Warna putih mendominasi eksterior bangunan dengan barisan silinder yang membalut sekeliling masjid.

Barisan silinder ini bukan tanpa makna. Menurut sang arsitek, bentuk ini merupakan manifestasi kesatuan umat Islam yang harus saling berpegang teguh dalam ikatan silaturahmi. Bangunan ini berdiri di lahan seluas 625 meter persegi.

Struktur bangunan masjid juga dirancang untuk mengoptimalkan pecahayaan alami. Atap masjid juga dibuat tinggi dengan tujuan agar sirkulasi udara dapat terdistribusi ke seluruh ruangan masjid.

Bangunan ini berkapasitas lebih dari 1.000 jamaah.

Museum Tsunami

Museum Tsunami, Aceh.istimewa Museum Tsunami, Aceh.
Museum Tsunami di Aceh bukan hanya sekedar bangunan memorial semata. Lebih dari itu, museum in merupakan tempat edukasi sekaligus pengingat masyarakat tentang tragedi bencana gempa bumi dan tsunami pada 2004 silam.

Rancangan bangunan ini menggabungkan rumah Aceh berbentuk panggung. Selain itu, museum ini juga didesain dengan bentuk escape building berupa bukit untuk evakuasi bencana. Bangunan ini diresmikan pada tahun 2009.

Eksterior museum menampilkan budaya Aceh dengan ornamen dekoratif seperti anyaman bambu.

Museum ini memiliki 2 lantai, dimana lantai pertama merupakan area terbuat yang bisa dilihat dari luar. Lantai ini berfunhsi untuk mengenang peristiwa tsunami.

Sementara lantai kedua merupakan tempat yang digunakan sebagai media pembelajaran, berupa perpustakaan, ruang peraga, dan toko souvenir.

Pengunjung menikmati suasana di Gedung Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh, Rabu (20/2/2013). Selain berisi informasi tentang gempa dan tsunami, museum berlantai empat dengan arsitektur modern  yang dibangun tahun 2007 tersebut juga diperuntukkan sebagai tempat  evakuasi bencana alam. SERAMBI INDONESIA/M ANSHAR Pengunjung menikmati suasana di Gedung Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh, Rabu (20/2/2013). Selain berisi informasi tentang gempa dan tsunami, museum berlantai empat dengan arsitektur modern yang dibangun tahun 2007 tersebut juga diperuntukkan sebagai tempat evakuasi bencana alam.
Di dalamnya terdapat lorong sempit dengan air terjun yang mengeluarkan suara bergemuruh di kedua sisinya. Lorong ini dibangun untuk mengingatkan pengunjung mengenai bencana tersebut.

Desain museum ini merupakan pemenang dari sayembara lomba desain museum tsunami Aceh pada 2007 lalu. Karyanya mampu mengalahkan 68 desain lain.

Masjid Al Irsyad

Masjid Al Irsyad dibangun Ridwan Kamil untuk memnghormati sang ayah.Akun Facebook Ridwan Kamil untuk Bandung Masjid Al Irsyad dibangun Ridwan Kamil untuk memnghormati sang ayah.
Tak seperti bangunan masjid lainnya, Masjid Al Irsyad di Kabupaten Bandung Barat ini memiliki bentuk kubus dengan hiasan kaligrafi pada bagian dindingnya.

Rancangan bangunan ini pernah masuk sebagai lima besar kategori "Building of the Year" pada tahun 2010. Bahkan gedung ini juga pernah meraih penghargaan sebagai rumah ibadah terindah oleh National Frame Building Association.

Bukan tanpa alasan dia membuat bentuk unik ini. Menurut dia, masjid ini terinspirasi dari bentuk Kabah di Masjidil Haram, Mekkah. Tempat ibadah ini berdiri di lahan seluas 1 hektar dan mampu menampung hingga 1.500 jamaah.



Close Ads X