Uniknya Desain Instalasi Ruang Kantor Serba Tersembunyi - Kompas.com

Uniknya Desain Instalasi Ruang Kantor Serba Tersembunyi

Kompas.com - 05/09/2018, 17:39 WIB
Desain ruang kantor yang tanpa sekat karya Banchiniwww.dezeen.com Desain ruang kantor yang tanpa sekat karya Banchini

KOMPAS.com - Dalam dunia yang semakin digital, ruang kerja juga harus lebih fleksibel dan mengakomodasi berbagai keperluan. Untuk itulah arsitek Leopold Banchini membuat instalasi ruang kantor serba guna ini.

Desain ruang ini memiliki berbagai fungsi perkantoran. Ruangan yang dikelilingi empat buah dinding kosong ini menyimpan berbagai keperluan seperti meja, dapur, bahkan taman di bawah lantainya.

Banchini berkolaborasi dengan desainer Laure Jaffuel untuk membuat konstruksi teknik tiap ruangan.

Pada bagian bawah lantai berubin abu-abu ini tersimpan rapi berbagai fungsi ruang perkantoran. Ruangan ini memiliki tujuh panel ruang tersembunyi.

Panel dapur yang dapat dibuka. Di dalam, terdapat beberapa fungsi dapur seperti bak cuci piring, www.dezeen.com Panel dapur yang dapat dibuka. Di dalam, terdapat beberapa fungsi dapur seperti bak cuci piring,
"Museum ini memiliki gambaran yang rumit. Mereka ingin menggunakan ruang untuk berbagai keperluan, seperti ruang meting, ruang kuliah, workshop, tempat penyimpanan, dapur, dan pada saat bersamaan, menginginkan tempat kosong untuk mengantisipasi kejadian tak terduga," ujar Banchini.

Instalasi yang dinamai 3-8 ini berada di lantai keempat gedung Centre Pompidou, Paris. Ruangan ini akan digunakan sebagai museum edukasi dan sebagai tempat untuk menyelenggarakan workshop serta seminar.

Setiap bagian panel yang tersembunyi memiliki engsel. Engsel ini nantinya mampu mengangkat ruangan dan memungkinkan pengguna mengubah tata letaknya.

Salah satu dari ketujuh panel tersebut merupakan sebuah dapur lengkap dengan tempat cuci piring dan area penyimpanan. Panel dapur ini juga memiliki tempat untuk menggantungkan cangkir atau panci.

Panel ruangan bisa diangkat untuk menyesuaikan berbagai fungsi ruang kantorwww.dezeen.com Panel ruangan bisa diangkat untuk menyesuaikan berbagai fungsi ruang kantor
Pada bagian lainnya, terdapat sebuah area luas sebagai tempat duduk.

Tempat ini bahkan mempunyai area luas sebagai tempat menanam beberapa tumbuhan. Area ini berada di bagian bawah ruangan.

Banchini juga menempatkan dua ruangan lain yang dilengkapi dengan pengeras suara.

Panel lainnya mempunyai layar besar dan bisa digunakan oleh tamu.

Rancangan ruangan ini merupakan pengembangan dari desain Pompidou yang dikembangkan oleh Richard Rogers dan Renzo Piano.

"Lantai yang dapat diangkat merupakan elemen umum dalam arsitektur," ujar Banchini kepada Dezeen.

Dia menambahkan, desain ini tampaknya diabaikan oleh arsitek dan jarang digunakan di luar fungsi umum.

Menempatkan berbagai fungsi ruang di bawah lantai membuat ruangan terasa lebih bebas dan luas.

Menurut Banchini, instalasi ini bertujuan untuk membuat orang mempertanyakan kembali adanya alienasi di dalam ruang kantor.

"Instalasi ini bukan berusaha untuk menyediakan model baru desain perkantoran, tapi dimaksudkan untuk mempertanyakan kembali budaya kantor yang mengasingkan kita," ujar Banchini.



Close Ads X