Uniknya Desain Instalasi Ruang Kantor Serba Tersembunyi

Kompas.com - 05/09/2018, 17:39 WIB
Desain ruang kantor yang tanpa sekat karya Banchini www.dezeen.comDesain ruang kantor yang tanpa sekat karya Banchini

KOMPAS.com - Dalam dunia yang semakin digital, ruang kerja juga harus lebih fleksibel dan mengakomodasi berbagai keperluan. Untuk itulah arsitek Leopold Banchini membuat instalasi ruang kantor serba guna ini.

Desain ruang ini memiliki berbagai fungsi perkantoran. Ruangan yang dikelilingi empat buah dinding kosong ini menyimpan berbagai keperluan seperti meja, dapur, bahkan taman di bawah lantainya.

Banchini berkolaborasi dengan desainer Laure Jaffuel untuk membuat konstruksi teknik tiap ruangan.

Pada bagian bawah lantai berubin abu-abu ini tersimpan rapi berbagai fungsi ruang perkantoran. Ruangan ini memiliki tujuh panel ruang tersembunyi.

Panel dapur yang dapat dibuka. Di dalam, terdapat beberapa fungsi dapur seperti bak cuci piring, www.dezeen.com Panel dapur yang dapat dibuka. Di dalam, terdapat beberapa fungsi dapur seperti bak cuci piring,
"Museum ini memiliki gambaran yang rumit. Mereka ingin menggunakan ruang untuk berbagai keperluan, seperti ruang meting, ruang kuliah, workshop, tempat penyimpanan, dapur, dan pada saat bersamaan, menginginkan tempat kosong untuk mengantisipasi kejadian tak terduga," ujar Banchini.

Instalasi yang dinamai 3-8 ini berada di lantai keempat gedung Centre Pompidou, Paris. Ruangan ini akan digunakan sebagai museum edukasi dan sebagai tempat untuk menyelenggarakan workshop serta seminar.

Setiap bagian panel yang tersembunyi memiliki engsel. Engsel ini nantinya mampu mengangkat ruangan dan memungkinkan pengguna mengubah tata letaknya.

Salah satu dari ketujuh panel tersebut merupakan sebuah dapur lengkap dengan tempat cuci piring dan area penyimpanan. Panel dapur ini juga memiliki tempat untuk menggantungkan cangkir atau panci.

Panel ruangan bisa diangkat untuk menyesuaikan berbagai fungsi ruang kantorwww.dezeen.com Panel ruangan bisa diangkat untuk menyesuaikan berbagai fungsi ruang kantor
Pada bagian lainnya, terdapat sebuah area luas sebagai tempat duduk.

Tempat ini bahkan mempunyai area luas sebagai tempat menanam beberapa tumbuhan. Area ini berada di bagian bawah ruangan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.