5 Cara Efektif Bersihkan Kaca - Kompas.com

5 Cara Efektif Bersihkan Kaca

Kompas.com - 01/09/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi kaca mobil kotorwww.angieslist.com Ilustrasi kaca mobil kotor

KOMPAS.com - Membersihkan permukaan kaca dapat dibilang gampang-gampang susah. Dengan peralatan yang tepat, kaca yang Anda bersihkan tentu akan jauh lebih kinclong setelah dibersihkan.

Namun, bila peralatan yang digunakan salah, jangankan bersih, yang ada justru akan meninggalkan bekas goresan pada permukaannya.

Berikut lima tips yang dirangkum Kompas.com dari How Stuff Works:

1. Gunakan air sulingan

Sebagian besar dari kita tentu tidak ingin ambil pusing dengan air yang digunakan untuk membersihkan benda apapun. Namun untuk membersihkan kaca, itu persoalan lain.

Air yang anda ambil dari keran, biasanya masih mengandung mineral tinggi dan bersifat berat. Agar tidak menggores permukaan kaca, sebaiknya gunakan air penyulingan.

Pasalnya, air sulingan tidak memiliki mineral apapun sehingga tidak akan meninggalkan bekas.

2. Gunakan larutan cuka

Cuka adalah salah satu bahan pembersih yang dapat mudah ditemukan. Selain itu, harganya relatif murah bila dibandingkan dengan pembersih pada umumnya.

Anda dapat mencampurkan cuka dan air pada wadah semprotan dengan perbandingan 50:50. Setelah larut, semprotkan pada bagian kaca yang hendak dibersihkan.

Aroma cuka akan terasa cukup menyengat setelah Anda bersihkan. Bila tidak cukup kuat dengan aromanya, maka larutan ini dapat menjadi pilihan untuk membersihkan kaca bagian luar rumah.

3. Minimalisir busa sabun

Membersihkan permukaan kaca dengan menggunakan sabun, akan meninggalkan banyak bekas terlebih bila busa yang dihasilkan cukup banyak.

Kendati demikian, bukan berarti sabun tidak boleh digunakan untuk membersihkan kaca.

Solusinya, larutkan sabun dalam jumlah sedikit ke dalam air. Jangan sampai larutan tersebut mengandung busa yang cukup banyak.

4. Jangan pakai paper towel

Handuk kertas tak hanya meninggalkan goresan tetapi juga membuat kusam. Sebagai gantinya, gunakan kain mikrofiber atau alat pembersih lain yang terbuat dari karet.

Cara lain yang terbaik yaitu gunakan koran bekas untuk membersihkannya. Jika koran digunakan, maka sebaiknya Anda gunakan sarung tangan agar tinta koran tidak menempel pada tangan.

5. Lakukan dengan cepat

Meski Anda telah melakukan berbagai langkah dengan tepat, bukan berarti goresan tidak akan tertinggal ketika kaca dibersihkan.

Cara terbaik dalam membersihkan kaca yaitu jangan menunggu debu menumpuk untuk membersihkannya. Semprotkan larutan cuka, gunakan koran atau kain mikrofiber untuk mengelapnya dan keringkan.

Semakin sedikit debu yang menempel, maka akan semakin cepat kotoran itu hilang. Demikian sebaliknya.



Close Ads X