Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Risha, Ada Rika untuk Korban Gempa Lombok

Kompas.com - 29/08/2018, 08:01 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) yang diaplikasikan pemerintah untuk merevitalisasi rumah rusak berat akibat gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pemerintah juga membawa konsep Rumah Instan Kayu (Rika) untuk dibangun sebagai pilihan alternatif.

Baik Risha maupun Rika merupakan teknologi perumahan yang dikembangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang diklaim mampu menahan hantaman gempa bermagnitudo tinggi.

"Ada konsep Risha, ada juga Rika yang akan ditawarkan," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H Sumadilaga di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Baca juga: Bangun Rumah Tahan Gempa di Lombok, Pemerintah Terjunkan 400 Insinyur

Pemerintah hingga kini masih mendata jumlah rumah yang rusak. Dari hasil pendataan sementara, jumlah rumah yang rusak yaitu 125.744 unit, dengan klasifikasi 74.354 unit rusak berat dan 51.390 unit rusak ringan.

Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 50 juta per keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan berat. Nantinya, pemerintah akan membangun kembali rumah tersebut dengan menggunakan teknologi Risha maupun Rika.

Sementara, bagi warga yang rumahnya rusak sedang akan mendapat bantuan Rp 25 juta dan Rp 10 juta untuk yang mengalami rusak ringan.

"Kami berpesan agar uang itu digunakan untuk membangun kembali rumah yang rusak lebih baik. Nah, PUPR tugasnya mendampingi agar rumah yang dibangun masyarakat secara teknis dapat dipertanggungjawabkan, in case ada gempa lagi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com