Zaha Hadid Architects Berencana Bangun Hunian Terintegrasi di Bristol - Kompas.com

Zaha Hadid Architects Berencana Bangun Hunian Terintegrasi di Bristol

Kompas.com - 26/08/2018, 19:20 WIB
Desain Bristol Arena.Dezeen.com Desain Bristol Arena.

KOMPAS.com - Investor properti Legal and General meluncurkan desain yang dibuat oleh Zaha Hadid Architects untuk membangun perumahan di Bristol, Inggris.

Lokasi itu diperuntukkan daerah yang baru berkembang.

Dalam desain itu terdapat 550 rumah, 345 kamar hotel, ruang konferensi berkapasitas besar, dan dua blok perkantoran yang dibangun di atas lahan seluas dua hektar di pusat kota Bristol.

Posisinya berada di pusat kota, dekat dengan Temples Meads Station, merupakan salah satu dari dua lokasi yang diusulkan untuk Bristol Arena, demikian dilansir Dezeen.com.  

Menurut rencana, arena yang dirancang oleh Populous itu nantinya terdiri dari 12.000 tempat duduk. Rencana itu pun sudah disetujui Wali Kota George Ferguson pada 2016.

Namun, proyek ini kemudian ditunda oleh wali kota baru, Marvin Rees.

Keputusan apakah proyek itu akan dilanjutkan atau tidak, termasuk mengganti desain lama dan membangun arena di bagian utara kota, akan ditentukan pada September mendatang.

Menurut Legal and General, rancangan itu disesuaikan dengan rencana membangun pusat kota Bristol yang terintegrasi dalam menghadapi perubahan struktur bangunan saat ini dalam bisnis ritel, budaya, dan rekreasi.

Desain Bristol Arena.Dezeen.com Desain Bristol Arena.
Dari desain Zaha Hadid Architects itu terlihat bahwa kompleks ini akan menghadirkan 10 blok menara dengan menurunkan ketinggian bangunan sebagai bentuk penyesuaian lokasinya.

"Desain kami untuk Temple Island sesuai budaya arsitektur Bristol, dengan tujuan melakukan regenerasi di area sekitar Temple Meads Station," kata Direktur Zaha Hadid Architects, Jim Heverin.

Dia menambahkan, dengan penekanan khusus pada penyediaan ruang terbuka hijau bagi publik, rancangan ini mengintegrasikan berbagai kebutuhan hidup warga sehingga tercipta suasana baru kehidupan kota yang lebih berkualitas.

"Kami percaya Temple Island akan menjadi kompleks hunian baru yang menarik dan berkelanjutan untuk warga Bristol dan komunitas yang hidup di sana," ujar Heverin.

Zaha Hadid Architects juga baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membangun gedung tertinggi di Malta dan sepasang gedung multifungsi di London.

Saat ini perusahaan arsitektur itu juga tengah menyelesaikan kompleks hunian vertikal di distrik High Line di New York yang dibangun sejak awal tahun ini.


Komentar
Close Ads X