"Alter Ego", Idealisme tentang Tempat Tinggal dan Investasi

Kompas.com - 25/08/2018, 22:30 WIB
Living room yang bisa dikonversi menjadi kamar tidur. Hilda B Alexander/Kompas.comLiving room yang bisa dikonversi menjadi kamar tidur.

TANGERANG, KOMPAS.com - Bisa dihitung dengan jari, produk properti hunian ideal secara fungsi, dan arsitektur yang mengindahkan prinsip kebahagiaan hidup sekaligus instrumen investasi.

Satu dari segelintir itu adalah apartemen Alter Ego yang dikembangkan PT Pancakarya Griyatama, di Kota Tangerang, Banten.

Sesuai namanya, sekuel dari Skandinavia ini mengadopsi prinsip kebahagiaan hidup yang direpresentasikan ke dalam unit-unit yang terukur secara presisi, layak huni dan layak investasi.

Baca juga: Tips Nyaman Tinggal di Apartemen

"Kami melakukan riset tak kurang selama tiga tahun untuk mengeksekusi apartemen ini. Kami mengacu pada negara-negara Skandinavia yang punya indeks kebahagiaan hidup tinggi," tutur Direktur Pancakarya Griyatama Norman Eka Saputra menjawa Kompas.com, Sabtu (25/8/2018). 

Direktur PT Pancakarya Griyatama Norman Eka Saputra.Hilda B Alexander/Kompas.com Direktur PT Pancakarya Griyatama Norman Eka Saputra.
Menurut Norman, hasil riset tersebut menunjukkan bahwa ruang-ruang ideal, adalah komponen utama sebuah apartemen.

Ukuran dapur kering (pantry), bentang jendela yang memengaruhi masuknya cahaya matahari dan sirkulasi udara, dimensi kamar tidur, ruang makan, kamar mandi, dirancang akurat sesuai dengan bentuk tubuh manusia (penghuni).

Norman berkesimpulan, ukuran ideal minimum untuk segmen pasar yang dibidik (kelas menengah) adalah 45 meter persegi atau satu kamar tidur. Tidak terlalu sempit, namun efisien untuk berbagai fungsi.

"Ini cocok untuk small family. Ruang keluarga (living room) bisa dikonversi jadi kamar tidur utama, study desk jadi tempat makan. Desain kami mengutamakan efisiensi ruang dan kesesuaian furnitur," papar Norman.

Alter Ego dirancang sedikit maskulin, dengan warna cerah, dan mengapresiasi alam. Hal ini ditandai elemen-elemen penghijauan di ruang-ruang terbuka.

Dengan total 450 unit, Alter Ego dibanderol serentang Rp 989 juta untuk tipe 2 kamar tidur junior, Rp 1,475 miliar untuk tipe 2 kamar tidur corner, dan Rp 2,4 miliar untuk dimensi 3 kamar tidur corner.

Lima tahun investasi kembali

Living room yang bisa dikonversi menjadi kamar tidur.Hilda B Alexander/Kompas.com Living room yang bisa dikonversi menjadi kamar tidur.
Norman mengklaim, selain untuk dihuni, Alter Ego juga bisa dijadikan sebagai kendaraan investasi (investment vehicle). Pemilik bisa menyewakannya kembali melalui platform apartemen sewa, seperti Air BnB.

Pelancong bisnis dan wisata adalah ceruk pasar potensial yang bisa ditangkap. Terlebih lokasi Alter Ego hanya 13 kilometer dari Bandara International Soekarno-Hatta.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X