Tarif Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Bandara Diusulkan Naik

Kompas.com - 24/08/2018, 08:21 WIB
Kemacetan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek pada Sabtu (16/6/2018) siang. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAKemacetan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek pada Sabtu (16/6/2018) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengusulkan kenaikan tarif Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo (Tol Bandara) ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru menuturkan, usulan kenaikan tarif tersebut sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Aturan tersebut menyatakan, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dapat dilakukan setiap dua tahun berdasarkan pengaruh laju inflasi.

Baca juga: Tahun Depan, Tol 1.852 Kilometer Dijanjikan Terbangun

"Mengingat penyesuaian terakhir untuk kedua ruas tersebut kami peroleh pada sekitar bulan Oktober 2016, maka kami berharap penyesuaian tarif tol kedua ruas tersebut dapat diberikan sesuai pada waktunya," kata Heru lewat pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis (23/8/2018).

Data laju inflasi juga telah diserahkan Jasa Marga kepada BPJT sebagai bahan pertimbangan usulan kenaikan tarif.

Heru menuturkan inflasi dua tahun terakhir untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang wilayah operasionalnya ada di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat sebesar 6,81 persen.

Sedangkan Ruas Tol Prof. Dr.Ir. Soedijatmo yang berada di Provinsi DKI Jakarta memiliki nilai inflasi 6,92 persen.

Selain UU Nomor 38 tahun 2004 tentang Jalan, ketentuan soal tarif tol juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang jalan tol yang kemudian diubah dengan PP Nomor 43 tahun 2013.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X