Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunas Land Serah Terima Klaster Botanica

Kompas.com - 21/08/2018, 10:26 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunas Land melakukan serah terima hunian perdana kepada pemilik hunian Cluster Botanica di Narogong, Bekasi.

Perumahan dengan konsep hunian asri dan ramah lingkungan itu berada di Kompleks Vida Bekasi, kawasan terpadu yang luasnya 130 hektar.

Cluster Botanica dibangun dari tahun 2016 yang posisinya dekat dengan berbagai fasilitas, seperti Binus School Bekasi, Arena Sports Club, klinik RS Bunda, Restoran Mang Kabayan, dan Pasar Anyar.

Konsep hunian itu mengadaptasi suasana kebun herbal yang mengelilingi kawasan hunian. Halaman depan, samping, dan belakang rumah ditanami berbagai pohon buah serta tanaman herbal yang bermanfaat buat kehidupan sehari-hari.

“Kami membangun Cluster Botanica tidak hanya sebagai tempat tinggal, tapi juga tempat hidup yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan berkumpul dengan tetangga,” ujar Direktur Vida Bekasi Edward Kusma melalui keterangan tertulis, Senin (20/8/2018).

Cluster Botanica di Kompleks Vida Bekasi.Gunas Land Cluster Botanica di Kompleks Vida Bekasi.
Pihaknya melibatkan arsitek Yu Sing untuk menunjukkan keseriusan membangun hunian yang dekat dengan alam.

Yu Sing merupakan seorang arsitek sekaligus memimpin Studio Akanoma yang dikenal sering merancang bangunan ramah lingkungan dengan menggunakan material lokal dan fitur bangunan yang berfungsi secara alami.

Desain yang dibuat Yu Sing pada hunian Botanica dibuat secara semi-detached, yakni antar-rumah tidak saling menempel dindingnya sehingga sirkulasi udara bisa lebih optimal.

Pintu dan jendela juga dirancang sebagai agar terjadi penghawaan dan pencahayaan secara alami. 

Selain itu, di Cluster Botanica tersedia ruang bersama yang terdiri dari taman atau hutan kecil, pendopo serbaguna, kolam natural, dan taman bermain anak yang bisa digunakan untuk berbagai acara.

Rumah Pohon yang terdapat di Area Bersama sebagai salah satu fasilitas di Cluster Botanica, Kompleks Vida Bekasi.Gunas Land Rumah Pohon yang terdapat di Area Bersama sebagai salah satu fasilitas di Cluster Botanica, Kompleks Vida Bekasi.
Konsep itu juga mempraktikkan budaya bertetangga yang baik di Vida Bekasi.

“Botanica adalah hunian urban yang berani mengimplementasikan desain ramah lingkungan secara serius. Ruang terbuka hijau, koridor taman, dan kolam natural sangat mendukung terciptanya ekosistem flora dan fauna secara alami di sekitar hunian,” ucap Yu Sing.

Menurut dia, hunian yang baik itu bukan hanya untuk manusia, melainkan juga harus bisa berdampingan dengan alam secara harmonis.

Botanica diluncurkan pertama kali tahun 2016, dan sejak saat itu respons positif datang dari masyarakat di wilayah Narogong, Bekasi.

Di atas lahan 3,5 hektar, Cluster Botanica terdiri dari dua tipe, yaitu Rosemary, dengan luas bangunan 69 meter persegi dan luas tanah 72 meter persegi.

Sedangkan tipe Basil memiliki luas bangunan 47 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi. Klaster Botanica dijual mulai dari Rp 650 juta hingga Rp 1 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com