Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lama Lagi, Kawasan Wisata Labuan Bajo Berubah Wajah

Kompas.com - 20/08/2018, 12:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keindahan alam Labuan Bajo memang tak perlu diragukan. Kawasan di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Kini, kawasan wisata ini menjadi semakin rapi dan lengkap berkat kegiatan Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

KSPN Labuan Bajo, merupakan satu dari 11 KSPN yang dikembangkan Pemerintah sebagai “Bali Baru”. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara yang ditargetkan 20 juta orang pada tahun 2019.

Penataan pedestrian Jalan Soekarno Hatta, Labuan BajoBiro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Penataan pedestrian Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo
“Pembangunan infrastruktur pada setiap KPSN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keetrangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (19/8/2018).

Penataan kawasan ini dilakukan dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung seperti pembangunan trotoar di Jalan Soekarno Hatta, pembangunan pusat kuliner dan ruang terbuka hijau di Kampung Ujung.

Di Kampung Ujung, wisatawan dapat menikmati beragam olahan seafood di tepi laut dengan tenda-tenda yang bisa menjadi spot untuk swafoto.

Deretan tenda penjual makanan kini lebih tertata dengan desain tenda baru berwarna putih.

Penataan RTH Kampung Air, Labuan BajoBiro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Penataan RTH Kampung Air, Labuan Bajo
Anggaran kegiatan penataan KSPN Labuan Bajo senilai Rp 40,35 miliar dan ditargetkan akan rampung 15 Desember 2018 mendatang.

Progres fisik kini sudah mencapai 66,70 persen dengan penyerapan anggaran sudah mencapai 58,32 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com