Terpopuler: Jakarta Utara Bakal Tenggelam dan Harga Tanah Bundaran HI

Kompas.com - 19/08/2018, 11:28 WIB
Ilustrasi tanggul laut atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) tipe A di pantai utara Jakarta. Tanggul ini untuk menanggulangi banjir rob. Kompas.com/Kurnia Sari AzizaIlustrasi tanggul laut atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) tipe A di pantai utara Jakarta. Tanggul ini untuk menanggulangi banjir rob.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wilayah Jakarta Utara terancam tenggelam dalam kurun waktu 32 tahun ke depan.

Kabar ini menjadi berita terpopuler di kanal properti Kompas.com sepanjang Sabtu (18/8/2018). Proses penurunan muka tanah yang relatif cepat menyebabkan kawasan ini segera tenggelam bila tak tertangani dengan baik.

Kabar lain yang tak kalah menarik yaitu soal perdebatan harga tanah di kawasan Bundara HI yang disebut paling mahal di Indonesia. Namun, benarkah termahal?

Simak berita selengkapnya di bawah ini:

1. 2050, Jakarta Utara bakal tenggelam

Dilansir dari BBC, kota yang menjadi tempat tinggal bagi 30 juta orang itu mengalami penurunan tanah sedalam empat meter.

Padahal, Jakarta terletak di dataran aluvial (daerah endapan) rendah dan datar dengan ketinggian rata-rata hanya 8 meter di atas permukaan laut.

Sebagian besar tanah di wilayah ini masih berupa daerah rawa, karena dilewati 13 sungai.

Setiap tahun, wilayah Jakarta tenggela 1-15 sentimeter. Keadaan ini menyebabkan hampir separuh kota berada di bawah permukaan laut.

Wilayah Jakarta Utara terdampak paling parah. Kawasan ini mengalami penurunan sedalam 2,5 meter dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, dan terus tenggelam sedalam 2,5 sentimeter per tahun di beberapa bagian.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X