Alasan di Balik Tol Balikpapan-Samarinda Baru Dibangun Sekarang

Kompas.com - 17/08/2018, 11:09 WIB
Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEADirektur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani.


BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kehadiran Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur sangat  diharapkan bukan hanya memberi manfaat bagi masyarakat, melainkan juga keuntungan untuk pengelolanya.

PT Jasamarga Balikpapan Samarinda menjadi perusahaan yang membangun dan mengelola proyek sepanjang hampir 100 kilometer itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jasa Marga tidak mungkin bikin jalan tol yang tidak komersial, tol ini termasuk komersial meski pendanaannya plus Viability Gap Fund (VGF)," ucap Direktur Utama PT Jas Marga (Persero) Tbk Desi Arryani saat ditemui di Balikpapan, Kamis (16/8/2018).

Baca juga: 2019, Lewat Tol Ini Waktu Tempuh Balikpapan-Samarinda Hanya 1 Jam

Alasan mengenai realisasi pembangunannya dilakukan sekarang karena pemerintah baru meluncurkan proyek itu tahun 2016. Untuk kemudian dilakukan penandatanganan kesepakatan kontrak pada tahun yang sama.

Desi mengatakan, ada tiga cara mengajukan pembangunan suatu proyek jalan tol, yaitu memberikan inisiatif sebagai pendahulu, menunggu program pemerintah, dan mengakuisisi suatu proyek.

"Ini program pemerintah. Kenapa baru sekarang karena memang baru layak dikerjakan, dulu-dulu belum bisa karena belum layak," ujar Desi.

Baca juga: Akhir 2018, Konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda Rampung

Prospek tol ini diharapkan sesuai dengan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT), internal return rate (IRR), dan perhitungan trafik lalu lintas. 

Desi menambahkan, pendanaan Tol Balsam ini berasal dari VGF dari APBN dan APBD sebesar 30 persen dan selebihnya investasi perusahaan.

:Tol ini bukan seperti tol di Sumatera yang merupakan penugasan pemerintah. Maka perlu kita jaga investasinya agar jangan sampai meledak," imbuhnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.