Berapa Banyak "Passive Income" Bisa Didapatkan Pemilik Apartemen?

Kompas.com - 15/08/2018, 13:37 WIB
Konsep apartemen terintegrasi transportasi massal atau Transit Oriented Development (TOD) yang memudahkan akses transportasi penghuninya dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren hunian modern khas masyarakat di kota besar. Dok PT Pardika Wisthi Sarana Konsep apartemen terintegrasi transportasi massal atau Transit Oriented Development (TOD) yang memudahkan akses transportasi penghuninya dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren hunian modern khas masyarakat di kota besar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuartal ketiga tahun ini bisa dijadikan momen yang pas untuk menanamkan investasi di sektor apartemen, khususnya apartemen dengan kondisi siap huni (ready stock). Berapa banyak passive income bisa didapatkan pemilik apartemen yang menyewakan unitnya?

Pompi Ardana, Head of Marketing Communication PT Pardika Wisthi Sarana selaku pengembang Woodland Park Residence, Kalibata, mengatakan untuk membuka celah bisnis ini pihaknya menggandeng Mofu sebagai Serviced Apartment Management. Mofu inilah yang menawarkan penyewaan properti.

"Disewakan untuk jangka pendek seperti sewa harian atau mingguan dan juga untuk jangka panjang untuk sewa bulanan atau tahunan. Mofu ini yang akan memaksimalkan unit di Woodland Park menjadi apartemen standar hotel sehingga memungkinkan pemilik unit bisa mendapatkan passive income dengan yield sewa," ujar Pompi, Selasa (14/8/2018).

"Nah, yield sewa ini bisa mencapai 6 sampai 8 persen setiap tahun selain peningkatan capital gain sangat menguntungkan yang naik bisa tiga kali lipat dalam lima tahun terakhir," tambahnya.

Pompi mengatakan, optimisme itu menguat karena Woodland merupakan konsep apartemen terintegrasi transportasi massal atau Transit Oriented Development (TOD) yang memudahkan akses transportasi penghuninya. Apartemen TOD dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren hunian modern khas masyarakat di kota besar.

"Pertama karena semakin macet, dan kedua tingginya produktifitas berbagai kalangan yang membuat membuat apartemen TOD menarik sebagai hunian alternatif lantaran mudah dan praktis," ujar Pompi.

Direktur Utama PT Pardika Wisthi Sarana, Achmad Setiadi, pada kesempatan sama menambahkan bahwa tingginya tingkat permintaan sewa apartemen terus bertambah dan nilai jualnya juga terus naik sehingga sektor ini dapat dijadikan instrumen investasi yang menggiurkan.

Untuk mendorong percepatan penjualan, lanjut dia, khusus di bulan kemerdekaan selama Agustus 2018 ini Pardika Wisthi memainkan promosi berupa diskon sebesar Rp 73 juta untuk setiap pembelian unit apartemen, termasuk hadiah mobil dan lain-lainnya.

"Yang jadi daya tarik itu tetap kemudahan akses transportasi, karena apartemen TOD seperti ini punya akses transportasi publik yang baik, misalnya unit apartemen ada di satu kawasan yang terintegrasi dengan stasiun kereta," kata Achmad.

Seperti diketahui, Woodland Park Residence menempel dengan Stasiun KRL Duren Kalibata selain berhadapan dengan pusat belanja dan halte Transjakarta. Bahkan, saat ini sudah tersedia airport shuttle connection dengan rute PP bandara Soekarno-Hatta Internationa ke apartemen.



EditorLatief

Close Ads X