5 Inspirasi Tangga Unik untuk Rumah Mungil - Kompas.com

5 Inspirasi Tangga Unik untuk Rumah Mungil

Kompas.com - 10/08/2018, 13:54 WIB
Tangga gantujn yang juga menjadi partisi antar ruangan. Lunas Visualization. Tangga gantujn yang juga menjadi partisi antar ruangan.

KOMPAS.com - Tangga kini tak hanya berdiri statis di atas lantai, namun juga bisa dirancang dengan berbagai gaya yang sesuai digunakan di berbagai tipe rumah.

Meski dirancang dengan bentuk yang lebih dinamis, namun inovasi tangga di bawah ini juga bisa menampung beban berat

Bahkan tangga bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan di rumah berukuran mungil,seperti beberapa tangga di bawah ini:

Tangga lipat

bentuk tangga yang bisa dilipat dan ditekuk ke dalam atau ke ataswww.bcompact.com bentuk tangga yang bisa dilipat dan ditekuk ke dalam atau ke atas
Sekilas tangga ini terlihat sama dengan model lainnya. Perbedaannya ada pada bentuk tangga yang bisa dilipat dan ditekuk ke dalam atau ke atas.

Model ini tentunya lebih ringkas dan cocok digunakan di rumah atau ruang kecil yang membutuhkan lebih banyak tempat kosong.

Tangga yang juga disebut The Hybrid stair ini memiliki kemiringannya berkisar antara 50 hingga 60 derajat.

B Compact, desainer furnitur yang merancang model ini memberikan beberapa pilihan ketinggian tangga, yaitu 2.2, 2.4, 2.6, 2.7, 2.8 hingga 3 meter. 

Pemilihan bambu sebagai material utama, menambah sisi artistik pada tangga. Bambu dipilih karena memiliki sifat lentur, kuat, sekaligus ringan. Dari sisi keamanan, tangga ini memiliki sistem penguncian dimana tangga tidak mudah berpindah saat dilalui. 

Tangga potongan kayu

desain tangga minimalis yang cocok untuk ruangan sempit.Anthony Coleman. desain tangga minimalis yang cocok untuk ruangan sempit.
Inovasi lain datang dari Waind Gobind dan Potter Arcitect. Dua firma arsitektur ini membuat desain tangga minimalis yang cocok untuk ruangan sempit.

Tangga ini terbuat dari bahan kayu yang disusun dari ratusan potongan layaknya puzzle.

Potongan-potongan dibangun menjadi ruang tangga. Potongan kayu ini juga seakan memisahkan area tangga dengan bagian lain di rumah.

Dengan bentuk yang unik, tangga ini bisa menjadi point of interest suatu ruangan.

Tangga gantung

Desain tangga ini bertujuan untuk menghemat penggunaan ruang dalam rumah. Tangga gantung ini terbuat dari bahan metal dan menghubungkan dua lantai.

Lantai pertama apartemen merupakan sebuah ruang terbuka yang terdiri dari ruang tamu, ruang makan, dapur. Sedangkan lantai kedua merupakan area privat seperti kamar tidurdan kamar mandi.

Tangga gantung ini memiliki fungsi ganda. Selain sebagai penghubung antar lantai, tangga ini juga digunakan sebagai partisi antara ruang makan dan ruang tamu.

Penggunaan tangga sebagai pemisah ini merupakan cara unik untuk menegaskan fungsi tiap ruang namun tetap memiliki kesan terbuka. 

Tangga spiral

Sebastian Errazuriz mengembangkan ide tangga spiral yang bisa dijadikan penyimpanan bukusebastian errazuriz Sebastian Errazuriz mengembangkan ide tangga spiral yang bisa dijadikan penyimpanan buku
Tangga spiral mungkin sudah biasa, namun bagaimana jika tangga juga dijadikan rak buku? Desainer Sebastian Errazuriz mengembangkan ide tangga spiral yang juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan buku sekaligus.

Tangga ini memiliki desain sama, hanya saja Errazuruz menambahkan beberapa ruang tambahan di bagaian bawah dan samping setiap anak tangga. Ruang tambahan ini juga bisa dijangkau dari luar anak tangga. 

Tangga penyimpanan

desain tangga ini merupakan salah satu solusi dalam mengurangi perabot di rumah-rumah mungil.www.dezeen.com desain tangga ini merupakan salah satu solusi dalam mengurangi perabot di rumah-rumah mungil.
Jika Anda memiliki banyak barang di rumah, tangga penyimpanan ini mungkin bisa jadi inspirasi. Dirancang oleh firma Levitate Architects, desain tangga ini merupakan salah satu solusi dalam mengurangi perabot di rumah- rumah mungil.

Tangga ini memiliki ruang penyimpanan khusus di setiap anak tangganya. Ruang penyimpanan ini dibuat khusus seperti rak meja, sehingga penghuni dapat menambahkan penyimpanan di bagan bawah anak tangga.

Namun tempat penyimpanan ini hanya mampu menampung benda-benda berukuran kecil, seperti buku atau pun pakaian. 

Tangga kini tak hanya berdiri statis di atas lantai, namun juga bisa dirancang dengan berbagai gaya yang sesuai digunakan di berbagai tipe rumah.

Meski dirancang dengan bentuk yang lebih dinamis, namun inovasi tangga di bawah ini juga bisa menampung beban berat bahkan juga digunakan sebagai ruang penyimpanan.

The Hybrid stair

Sekilas tangga ini terlihat sama dengan model lainnya. Perbedaannya ada pada bentuk tangga yang bisa dilipat dan ditekuk ke dalam atau ke atas.

Model ini tentunya lebih ringkas dan cocok digunakan di rumah atau ruang kecil yang membutuhkan banyak ruang kosong.

Kemiringannya berkisar antara 50 hingga 60 derajat. B Compact, desainer furnitur yang merancang model ini memberikan beberapa pilihan ketinggian tangga, yaitu 2.2, 2.4, 2.6, 2.7, 2.8 hingga 3 meter.

Pemilihan bambu sebagai material utama, menambah sisi artistik pada tangga. Bambu dipilih karena memiliki sifat lentur, kuat, sekaligus ringan, sehingga tangga yang digunakan tidak mudah berpindah.

Dari sisi keamanan, tangga ini memiliki sistem penguncian dimana tangga tidak mudah berpindah saat dilalui.

 



Close Ads X