4 Rumah Unik yang Bisa Berputar

Kompas.com - 10/08/2018, 10:00 WIB
Layaknya rumah panggung, hunian ini berdiri tegak di atas sebuah tiang pancang.ProTek. Layaknya rumah panggung, hunian ini berdiri tegak di atas sebuah tiang pancang.

KOMPAS.com - Rumah dengan interior indah saja tidak cukup. Kini banyak orang berlomba-lomba membuat desain rumah yang bisa berputar. Untuk membangun rumah seperti ini diperlukan perhitungan dan teknik yang mumpuni. 

Bagi Anda yang ingin membangun rumah serupa, empat rumah ini bisa jadi inspirasi:

The Revolving House of T

Rumah unik Mochida Atsuko yang dapat diputar 360 derajat.ryuichi taniura Rumah unik Mochida Atsuko yang dapat diputar 360 derajat.

Rumah ini awalnya merupakan hunian tua yang ditinggalkan peghuninya. Namun di tangan Mochida Atsuko, rumah peninggalan yang sudah terbengkalai ini direkonstruksi kembali secara besar-besaran.

Atsuko bahkan menambahkan struktur baru yang memungkinkan rumah ini berputar 360 derajat. struktur berputar ini memiliki diameter lima meter.

Pada bagian atasnya ditempatkan beberapa bagian ruangan yang terhubung ke dalam struktur seperti dinding pemisah ruang depan dan tengah. Separuh ruangan tersebut berada di atas struktur.

Berlokasi di kota Mito, prefektur Ibaraki, Jepang, rumah ini menjadi tempat yang memudahkan penghuninya untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain.

Bahkan penghuni bisa keluar masuk rumah hanya dengan menggeser komponen ini.

Struktur lingkaran yang bisa berputar di rumah ini menyediakan banyak ruang, khususnya bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang.

Sharifi-ha House

Dengan konsep ruang hidup modular, rumah tersebut dibangun tanpa fasad normal yang ada di bangunan rumah pada umumnya.www.cnn.com Dengan konsep ruang hidup modular, rumah tersebut dibangun tanpa fasad normal yang ada di bangunan rumah pada umumnya.
Rumah bernama Sharifi-ha atau rumah keluarga Sharif ini dibangun untuk menyesuaikan iklim dan cuaca di Iran. Keunikan rumah ini terletak pada kamar yang dapat berputar.

Dirancang oleh firma arsitektur Next Office di Teheran, Sharifi-ha House memiliki tiga buah kamar yang dapat diputar 90 derajat.

Menurut Alireza Taghaboni, arsitek yang merancang desain Sharifi-ha, rancangan rumah ini memang menyesuaikan kebutuhan penghuninya. Rumah tak hanya digunakan sebagai tempat tinggal, namun juga sebagai kantor.

Pada musim panas, kamar akan diputar menghadap ke halaman depan, sehingga penghuni dapat menikmati suasana musim panas dari dalam kamar.

Halaman:



Close Ads X