4 Rumah Unik yang Bisa Berputar - Kompas.com

4 Rumah Unik yang Bisa Berputar

Kompas.com - 10/08/2018, 10:00 WIB
Layaknya rumah panggung, hunian ini berdiri tegak di atas sebuah tiang pancang.ProTek. Layaknya rumah panggung, hunian ini berdiri tegak di atas sebuah tiang pancang.

KOMPAS.com - Rumah dengan interior indah saja tidak cukup. Kini banyak orang berlomba-lomba membuat desain rumah yang bisa berputar. Untuk membangun rumah seperti ini diperlukan perhitungan dan teknik yang mumpuni. 

Bagi Anda yang ingin membangun rumah serupa, empat rumah ini bisa jadi inspirasi:

The Revolving House of T

Rumah unik Mochida Atsuko yang dapat diputar 360 derajat.ryuichi taniura Rumah unik Mochida Atsuko yang dapat diputar 360 derajat.

Rumah ini awalnya merupakan hunian tua yang ditinggalkan peghuninya. Namun di tangan Mochida Atsuko, rumah peninggalan yang sudah terbengkalai ini direkonstruksi kembali secara besar-besaran.

Atsuko bahkan menambahkan struktur baru yang memungkinkan rumah ini berputar 360 derajat. struktur berputar ini memiliki diameter lima meter.

Pada bagian atasnya ditempatkan beberapa bagian ruangan yang terhubung ke dalam struktur seperti dinding pemisah ruang depan dan tengah. Separuh ruangan tersebut berada di atas struktur.

Berlokasi di kota Mito, prefektur Ibaraki, Jepang, rumah ini menjadi tempat yang memudahkan penghuninya untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain.

Bahkan penghuni bisa keluar masuk rumah hanya dengan menggeser komponen ini.

Struktur lingkaran yang bisa berputar di rumah ini menyediakan banyak ruang, khususnya bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang.

Sharifi-ha House

Dengan konsep ruang hidup modular, rumah tersebut dibangun tanpa fasad normal yang ada di bangunan rumah pada umumnya.www.cnn.com Dengan konsep ruang hidup modular, rumah tersebut dibangun tanpa fasad normal yang ada di bangunan rumah pada umumnya.
Rumah bernama Sharifi-ha atau rumah keluarga Sharif ini dibangun untuk menyesuaikan iklim dan cuaca di Iran. Keunikan rumah ini terletak pada kamar yang dapat berputar.

Dirancang oleh firma arsitektur Next Office di Teheran, Sharifi-ha House memiliki tiga buah kamar yang dapat diputar 90 derajat.

Menurut Alireza Taghaboni, arsitek yang merancang desain Sharifi-ha, rancangan rumah ini memang menyesuaikan kebutuhan penghuninya. Rumah tak hanya digunakan sebagai tempat tinggal, namun juga sebagai kantor.

Pada musim panas, kamar akan diputar menghadap ke halaman depan, sehingga penghuni dapat menikmati suasana musim panas dari dalam kamar.

Sedangkan pada musim dingin, kamar akan kembali ke posisi horisontal, sehingga penghuni tetap merasa hangat dan nyaman.

Pada bagian depan kamar, terdapat teras kecil sehingga penghuni dapat menikmati suasana alam ketika kamar sedng menghadap keluar.

Teras-teras kecil ini memiliki fungsi ganda, khususnya saat kamar kembali ke posisi horisontal. Ketika kamar tertutup, maka teras ini berfungsi sebagai pintu masuk ke dalam rumah.

Sistem yang digunakan untuk memutar kamar rumah ini umumnya juga digunakan dalam ajang pameran otomotif.

Rumah ini memiliki empat lantai. Lantai paling dasar digunakan sebagai basement. Sedangkan lantai pertama difungsikan sebagai ruang sarapan keluarga. Lantai kedua dimanfaatkan sebagai ruang tamu, dan lantai teratas sebagai rumah kantor.

Taghaboni menambahkan, ruang tama daam rumah ini bisa dikonfigurasikan ulang untuk berbagai tujuan. Demikian pula ruangan kantor dan ruang sarapan yang dapat mengubah fungsi dan penampilan sesuai dengan keinginan penghuni.

Pada bagian dalam, ruangan dibagi menjadi dua blok. Satu di depan dan satu lagi berada di belakang. Blok atau bagian rumah ini digunakan untuk mengisi kekosongan cahaya, saat kamar ditutup.

Pada bagian tengah ruangan disisakan ruang kosong sebagai tempat ketika kamar diputar menghadap ke luar rumah.

Agar tiap bagian blok rumah saling terhubung, terdapat sebuah jembatan untuk menghubungkan kamar depan dan belakang.

Rumah berputar di Italia

Rumah yang terlatak di utara Italia ini dapat berputar penuh 360 derajat.ProTek. Rumah yang terlatak di utara Italia ini dapat berputar penuh 360 derajat.
Satu lagi rumah dengan desain berputar. Rumah yang terlatak di utara Italia ini dapat berputar penuh 360 derajat.

Dirancang oleh arsitek Roberto Rossi, rumah berbentuk segi delapan ini menggunakan rotasi untuk mengarahkan panel surya ke arah matahari. Panel surya ini dipasang di atap sehingga mampu menyimpan panas matahari setiap saat.

Layaknya rumah panggung, hunian ini berdiri tegak di atas sebuah tiang pancang. Tiang ini berfunsi ganda sebagai pemutar sekjalius poros rumah, yang memudahkan rumah ini untuk berputar. Strukturnya sendiri terbuat dari kerangka baja, dengan dinding yang dibangun dari potongan kayu.

Desain rumah ini terinspirasi dari ruah serupa, bernama Villa Girasole yang mampu berputar secara penuh.

Villa Girasole merupakan rumah dua lantai eksperimental yang dibangun pada tahun 1930-an oleh arsitek Angelo Invernizzi dan Ettore Fagiuoli. Hunian ini berbentuk melingkar dengan satu titik pusat sebagai porosnya.

Everingham Rotating House

Pemilik rumah pertama, Buckminster Fuller membangun rumah yang dapat berputar dengan tujuan agar rumah selalu terkena sinar matahari di berbagai musim.Email Everingham Rotating House Pemilik rumah pertama, Buckminster Fuller membangun rumah yang dapat berputar dengan tujuan agar rumah selalu terkena sinar matahari di berbagai musim.

Rumah in terletak di pedesaan Australia dan sudah berumur lebih adri 60 tahun. Pemilik rumah pertama, Buckminster Fuller membangun rumah yang dapat berputar dengan tujuan agar rumah selalu terkena sinar matahari di berbagai musim.

Dengan beat total 50 ton, rumah ini mampu berputar hingga 360 derajat.

Rumah putar ini memiliki bentuk segi delapan dengan diameter 24 meter. Sifat oktagonal rumah ini memungkinkan setiap ruangan memiliki bentuk yang tidak beraturan.


Komentar
Close Ads X