Lingkungan Hijau, Andalan Pengembang Jual Rumah di Jakarta Selatan - Kompas.com

Lingkungan Hijau, Andalan Pengembang Jual Rumah di Jakarta Selatan

Kompas.com - 07/08/2018, 21:41 WIB
Kompleks ruko di Perumahan Casasima, Jagakarsa, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Kompleks ruko di Perumahan Casasima, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengembang properti rumah tapak berlomba-lomba menjual proyeknya dengan menawarkan berbagai kelebihan.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan yaitu kompleks hunian asri yang ditumbuhi bermacam-macam pohon dan tanaman hijau.

Namun, tidak banyak pengembang yang menyuguhkan konsep hunian hijau. Beberapa faktor yang memengaruhi yaitu butuh lahan lebih luas dan lokasi yang mendukung.

Baca juga: Sulitnya Mencari Rumah Seharga Rp 500 Jutaan di Jakarta Selatan

Maksudnya, di lokasi perumahan itu sebelumnya sudah ditumbuhi pepohonan hijau yang membuat udara di lingkungan itu terasa lebih sejuk.

Di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, misalnya, merupakan daerah yang hingga saat ini masih memiliki banyak pepohonan dan udara yang tidak begitu panas.

Tak mengherankan jika PT Jagakarsa Realty memilih Jagakarsa sebagai wilayah garapannya. Mereka membangun Casasima dengan konsep hunian hijau.

Ada 78 unit rumah yang disediakan di atas lahan lebih dari 20 hektar. Setiap rumah memiliki ukuran yang sama, yaitu luas tanah 120 meter persegi dan luas bangunan 129 meter persegi.

“Rumah di sini ukuran tanah dan bangunannya sama. Ada juga tanah kosong yang luas, rencananya nanti digunakan untuk taman perumahan ini,” ucap seorang karyawan penjualan, Ferdina, saat ditemui pada Selasa (7/8/2018) di Jakarta.

Dia menjelaskan, satu contoh harga rumah di sana yaitu Rp 1,8 miliar jika dibeli secara tunai. Apabila membeli secara tunai bertahap harganya sekitar Rp 1,954 miliar, dengan 15 kali angsuran.

Sementara jika menggunakan kredit pemilikan rumah (KPR) konvensional, harganya menjadi Rp 1,971 miliar.   

“Harga itu belum termasuk PPN dan biaya pengurusan surat-surat,” kata Ferdina.

Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain kolam renang, club house, dan sekolah internasional.



Close Ads X