"Hyperloop" Menuju Markas Apple Segera Dibangun - Kompas.com

"Hyperloop" Menuju Markas Apple Segera Dibangun

Kompas.com - 07/08/2018, 11:20 WIB
Hyperloop Pod Competition.Wikimedia Commons Hyperloop Pod Competition.

KOMPAS.com - Apple akan memiliki Hyperloop, moda transportasi ultrafuturistik, untuk melengkapi kecanggihan markasnya di California yang berbentuk mirip pesawat ruang angkasa.

Anggota dewan telah melakukan pembicaraan untuk menghadirkan Hyperloop, teknologi transportasi berkecepatan tinggi yang dikonsep oleh Elon Musk, ke Cupertino di mana kampus Apple berada.

Baca juga: Cincin Raksasa, Markas Baru Apple Terbesar dan Termahal di Dunia

"Kami berdiskusi mengenai Hyperloop agar bisa tersambung di sini. Jika ini terwujud, hanya butuh lima menit dari DeAnza College ke pusat kota San Jose, tidak sampai berjam-jam," kata anggota dewan Cupertino, Barry Chang, seperti dipublikasikan Property-report.com, Senin (6/8/2018).

Ilustrasi bangunan kantor baru Apple, Campus 2Softpedia Ilustrasi bangunan kantor baru Apple, Campus 2
Sejumlah proyek Hyperloop telah diluncurkan di beberapa negara Asia, seperti Uni Emirat Arab dan India. Namun, untuk kehadiran di Cupertino merupakan yang pertama di Amerika Serikat.

Pertemuan itu sebagai tindak lanjut dari pembicaraan antara Chang dengan Wali Kota Cupertino, Darcy Paul, bersama para petinggi perusahaan riset Hyperloop Transportation Technologies (HTT).

"Pada saat ini kami belum mengambil tindakan dan keputusan resmi pada moda transportasi tertentu. Secara pribadi, saya terlibat aktif untuk mendapatkan opsi sebanyak mungkin dari berbagai diskusi," ucap Paul kepada CNET.

Untuk diketahui, Hyperloop merupakan kapsul yang didorong secara elektromagnetik dengan kecepatan hingga 1.080 kilometer per jam melalui tabung hampa udara.

Teknologi ini bisa memotong waktu perjalanan secara signifikan, tetapi dianggap sebagai pengganggu industri real estat.

Satu prototipe yang ada sudah diresmikan pada Mei lalu di Dubai, Uni Emirat Arab.



Close Ads X