Inikah Masa Depan Desain Perkantoran? - Kompas.com

Inikah Masa Depan Desain Perkantoran?

Kompas.com - 30/07/2018, 18:51 WIB
Pemakaian warna palet sebagai warna positif dianggap akan sangat meningkatkan kinerja tim. Sekat atau bilik ditiadakan karena dianggap menjadi bagian masa lalu.  www.designboom.com Pemakaian warna palet sebagai warna positif dianggap akan sangat meningkatkan kinerja tim. Sekat atau bilik ditiadakan karena dianggap menjadi bagian masa lalu.

KOMPAS.com - Suasana kantor juga berpengaruh terhadap produktivitas karyawan. Kini desain ruang kantor mulai menuju ke arah yang nyaman untuk para karyawan.

Tren desain ruangan perkantoran sedang berkiblat ke perusahaan teknologi seperti Google, Facebook, dan LinkedIn yang merancangnya dengan gaya playful.

Baca juga: 2018, Google Siap Ekspansi Markas Besar di London

Namun, bagaimana dengan desain perkantoran pada masa depan?

Go Green

JW menghadirkan peran bambu. Tanaman bambu tersebut digunakan untuk menciptakan pemisah atau pembatas ruangan yang lembut dan alami antara dua bagian ruang.www.designboom.com JW menghadirkan peran bambu. Tanaman bambu tersebut digunakan untuk menciptakan pemisah atau pembatas ruangan yang lembut dan alami antara dua bagian ruang.

Melansir World Economic Forum, perkantoran akan dirancang dengan gaya “Biophilic”. Rancangan ini telah menjadi tren sejak tahun 2014.

Kecenderungan ini lebih menonjolkan elemen alam dalam desainnya, seperti penggunaan bambu, elemen kayu, dan tanaman.

Elemen alam diyakini mampu meningkatkan produktivitas hingga 8 persen dan kesehatan mental karyawan hingga 13 persen.

Rancangan ini sangat membantu terutama bila lingkungan kantor jauh dari akses ke alam bebas.

Maksimalisasi cahaya

Dibanjiri cahaya alami, ruang-ruang kantor di dalamnya benar-benar teduh oleh pemakaian bahan-bahan alami seperti kayu dan kulit yang diimbangi dengan penggunaan permukaan bahan metalik. www.designboom.com Dibanjiri cahaya alami, ruang-ruang kantor di dalamnya benar-benar teduh oleh pemakaian bahan-bahan alami seperti kayu dan kulit yang diimbangi dengan penggunaan permukaan bahan metalik.
Paparan sinar alami mampu mengurangi stres. Untuk itu desain ruang kantor banyak memanfaatkan masuknya sinar matahari khususnya di pagi hari.

Desain biophilic biasanya juga memuat unsur penggunaan kaca untuk memaksimalkan cahaya yang masuk serta tanaman baik asli maupun tiruan di dalam ruangan. Warna desain "biophilic" juga menyesuaikan alam.

Penggunaan teknologi

Tak hanya elemen alam yang menjadi fokus dalam desain "Biophilic", namun juga penggunaan material yang memaksimalkan penggunaan energi terbarukan dan teknologi hijau.

Penggunaan teknologi ini marak dipakai dalam bangunan-bangunan baru seperti penampungan limbah dan air hujan.

Selain itu, pada masa depan juga pemanfaatan teknologi seperti virtual realisty atau VR akan semakin marak.

Maksimalisasi ruang terbuka

Paten yang dimiliki Apple untuk tangga kaca spiral di Shanghai ini termasuk desain, metode konstruksi, dan material tangga. Kaca dan dekorasi penuh warna putih tangga itu memang menjadi ciri khas gerai penjual produk Apple di seluruh dunia. www.archdaily.com Paten yang dimiliki Apple untuk tangga kaca spiral di Shanghai ini termasuk desain, metode konstruksi, dan material tangga. Kaca dan dekorasi penuh warna putih tangga itu memang menjadi ciri khas gerai penjual produk Apple di seluruh dunia.
Ruang terbuka juga mulai menjadi tren untuk desain perkantoran. Pada masa depan, ruang terbuka bukan hanya sekedar tempat untuk berkumpul, namun juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti meeting, brainstorming, hingga merencanakan pertemuan dengan klien.

Peralatan rumahan

Pada masa mendatang, tren ruang kantor yang semakin menyerupai rumah juga akan semakin berkembang.

Desain ruang kantor akan lebih menyesuaikan selera karyawannya dengan menyediakan beberapa barang dan ruang seperti bar, TV, ruang gim, dan lain-lain.

Fleksibilitas

Kantor ini dirancang sebagai susunan arsitektur unik dan menarik melalui penggunaan meja panjang sekitar 250 meter. designboom.com Kantor ini dirancang sebagai susunan arsitektur unik dan menarik melalui penggunaan meja panjang sekitar 250 meter.
Baik desain open-space atau dengan kubikel, pada masa depan, ruang perkantoran akan lebih menyesuaikan dengan kebutuhan para karyawannya.

Karyawan bisa bekerja secara fleksibel dengan beberapa alternatif ruang yang disediakan.



Close Ads X