Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resor Khusus Lansia Dibangun di Trawas

Kompas.com - 23/07/2018, 13:04 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Di zaman yang makin sibuk saat ini kendala keterbatasan waktu menjadi alasan utama anak-anak untuk mengurus dan membahagiakan orang tuanya ketika memasuki masa pensiun. Banyak orang mendambakan ketenangan suasana ketika memasuki masa pensiun atau lanjut usia.

Kondisi itulah yang melatar belakangi PT Anugerah Kasih Selaras (AKS), salah satu anak usaha Anugerah Kasih Investama (AKI) Group, mengembangkan resor Imperial Izumi, The Fancy Senior Living In East Java. Resor tersebut dikonsep sebagai tempat peristirahaan di kawasan perbukitan dan berhawa sejuk di daerah Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. 

"Bukan untuk wisatawan, tapi khusus untuk kaum lansia yang ingin menikmati masa pensiun atau hari tuanya dengan kualitas hidup yang baik tanpa merepotkan anggota keluarganya," kata Hans Herwin, Chief Marketing Officer PT Anugerah Kasih Selaras (AKS), Minggu (22/7/2018).

Hans mengatakan selama ini hanya panti jompo yang menjadi penampungan mereka. Sayangnya, panti penampungan ini perlahan kurang diminati. Rasa tenangnya kurang memadai, dan rasa nyaman para orang tua lansia di sana tidak maksimal untuk beristirahat.

Untuk mengisi ruang kosong itu, Hans mengatakan, resor Izumi didesain sesuai nuansa alam pedesaan Jepang. Per unit ditawarkan mulai Rp 300 jutaan per kavling siap bangun dan Rp 800 jutaan siap huni dengan cara bayar yang bisa diangsur sampai 100 bulan.

“Dengan kendala yang banyak, orang tua sekarang kerap bingung memikirkan siapa yang mengurus masa tua mereka tanpa mau merepotkan anak-anaknya," ucap Hans.

Dengan konsep seperti itu, lanjut Hans, dia ingin menghilangkan bayangan bahwa masa tua itu tidak sesuram tinggal di panti jompo. Paradigma itu yang ingin dihapuskan sehingga nuansa yang dibangun di di resor tersebut harus bisa membuat penghuninya merasakan berlibur tiap hari di alam pegunungan.

Bukan hanya fasilitas dibangun. Resor ini juga menyiapkan semua kebutuhan untuk merawat para lansia. Pun demikian dari sisi kerohanian, karena pengelola menyediakan tempat peribadatan sesuai masing–masing agama penghuninya.

Lebih lanjut, menurut Hans, tidak semua resor akan dikonsep sebagai tempat peristirahatan kaum lansia. Pihaknya juga menyediakan sejumlah unit dengan konsep regular sebagai tempat berlibur bersama anggota keluarga tercinta di akhir pekan.

Berkat konsepnya ini, lanjut hans, Izumi Resort meraih predikat sebagai The 1st Fancy Senior Living Resort in Indonesia dalam ajang bergengsi Nusantra Platinum Award, di Jakarta, Jumat, (20/7/2018) malam lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com