Kompas.com - 22/07/2018, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati telah dibuka secara fungsional pada musim Lebaran 2018, hingga kini Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Perbarakan tak kunjung diresmikan.

Pekerjaan konstruksi jalan bebas hambatan sepanjang 10,75 kilometer ini telah rampung dan siap untuk dioperasikan.

Seksi ini nantinya akan menghubungkan Seksi 2-6 Tol MKTT dengan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol Agus Suharjanto mengatakan, beroperasinya seksi ini akan meningkatkan konektivitas serta memperlancar arus serta menurunkan biaya logistik barang dan jasa.

Di samping itu, jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Bandara Kualanamu menuju Kota Medan atau sebaliknya, menjadi 45 menit. Saat ini, waktu tempuh normal yaitu 2 jam.

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS PerbarakanJasamarga Kualanamu Tol Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Perbarakan

Jalan tol ini terhubung dengan Jalan Tol Belmera yang saat ini sudah terintegrasi dengan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

"Kami berharap setelah beroperasi secara menyeluruh, jalan tol ini nantinya mampu berkontribusi pada perkembangan perekonomian wilayah," tutur Agus.

Secara keseluruhan, Tol MKTT  terdiri atas tujuh seksi. Seksi 2-6 sudah beroperasi sejak 13 Oktober 2017.

Sementara untuk seksi 7 Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 9,3 Km dibagi menjadi 2 seksi yakni 7A dan 7B.

Saat ini progres tanah untuk keduanya telah mencapai 91,75 persen. Sementara, pekerjaan konstruksi untuk Seksi 7A mencapai 53,88 persen dan 7B mencapai 77,84 persen.

Menelan investasi hingga Rp 4,9 triliun, jalan tol sepanjang 61,7 kilometer itu diharapkan dapat beroperasi penuh pada awal 2019.

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS PerbarakanJasamarga Kualanamu Tol Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Perbarakan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.