Desain Kursi Saddled Mampu Jaga Postur Tubuh - Kompas.com

Desain Kursi Saddled Mampu Jaga Postur Tubuh

Kompas.com - 21/07/2018, 22:20 WIB
Struktur kursi ini sendiri mampu mendorong anak untuk duduk tegak yang penting bagi pertumbuhan tulang belakang. Struktur kursi ini sendiri mampu mendorong anak untuk duduk tegak yang penting bagi pertumbuhan tulang belakang.

KOMPAS.com - Masih ingat dengan kursi kayu yang sering diguanakan di sekolah dulu? Kursi ini memungkinkan siswa untuk belajar, namun bagi beberapa orang, kursi ini dirasa kurang nyaman, apalagi untuk siswa yang menghabiskan waktu lama di dalam kelas.

Untuk itulah Masahiko Ito mendesain ulang kursi sekolah untuk memperbaiki postur tubuh dan mengurangi gelisah.

Alumni Kingston School of Art itu membuat kursi sekolah yang diklaim mampu mengurangi gelisah siswa sekaligus memperbaiki postur tubuh.

Kursi ini juga dirancang untuk memaksimalkan konsentrasi siswa sekolah. Kursi yang disebut Saddled Seat ini memiliki dudukan yang sempit dan menyerupai pelana kuda.

“Saddle Seat adalah tipe kursi baru yang memberikan postur tubuh yang baik serta mendorong anak bergerak untuk memaksimalkan konsentrasi,” ujar Masahiko Ito.

Kursi ini juga dirancang untuk memaksimalkan konsentrasi siswa sekolah. Kursi yang disebut Saddled Seat ini memiliki dudukan yang sempit dan menyerupai pelana kuda. Kursi ini juga dirancang untuk memaksimalkan konsentrasi siswa sekolah. Kursi yang disebut Saddled Seat ini memiliki dudukan yang sempit dan menyerupai pelana kuda.
Ito menambahkan bahwa sikap duduk yang merosot di kursi membuat orang merasa takut dan membuat anak menjadi lebih pasif.

Untuk itulah ia akhirnya membuat rancangan kursi yang membuat anak-anak duduk lebih tegak.

Ketika merancang desain kursi ini, Ito melihat hubungan antara postur tubuh dan konsentrasi. Ia menyebutkan bahwa tubuh secara alami akan bergerak meski saat sedang duduk di kursi.

Misal saat siswa sedang serius mendengarkan guru di depan ruang kelas, maka postur tubuh secara otomatis akan menghadap ke depan dalam posisi seperti saat berkendara.

Sebaliknya apabila murid sedang beristirahat, maka tubuh akan memilih untuk membaringkan dirinya.

“Di kemudian hari postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan masalah punggung penyakit yang lebih serius seperti serangan jantung dan kanker usus besar,” tutur Ito.

Struktur kursi ini sendiri mampu mendorong anak untuk duduk tegak yang penting bagi pertumbuhan tulang belakang.

Posisi ini juga mampu meningkatkan konsentrasi ketika duduk. Bingkai kursi terbuat dari potongan pipa baja dan tersedia dalam warna-warna ceria seperti pink, biru, juga oranye.

Ketika merancang desain kursi ini, Ito melihat hubungan antara postur tubuh dan konsentrasi. Ketika merancang desain kursi ini, Ito melihat hubungan antara postur tubuh dan konsentrasi.
Kursi ini sendiri terbuat dari tiga komponen, kursi, bingkai, dan bagian belakang. Setiap bagian sendiri sudah dipastikan memiliki kandungan karbon yang rendah sehingga aman untuk anak-anak.

Kursi ini dibuat dari bahan kayu lapis birch yang sudah jadi minyak, sedangkan sandaran belakang yang berbentuk tabung silindris terbuat dari kayu padat.


Komentar
Close Ads X